Jogja-Semarang Kini Hanya 3 Jam 40 Menit dengan Joglosemarkerto, Segini Tarifnya

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan meluncurkan kereta baru Joglosemarkerto, pada Sabtu (1/12) esok di Stasiun Balapan Solo. Keberadaan Joglosemarkerto tersebut akan menghidupkan kembali jalur Kota Semarang dengan Jogjakarta dalam sekali perjalanan.

Sebelum KA Joglosemarkerto ini, dulu ada KA bernama KA Joglosemar yang menghubungkan Semarang-Solo-Jogjakarta. Adapun KA komuter Banyubiru Express, dengan rute yang sedikit berbeda. Akan tetapi, kedua KA berute parsial ini telah berhenti beroperasi.

Deputy Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi IV Semarang, Asdo Artriviyanto mengatakan, biasanya penumpang asal Semarang yang hendak ke Jogjakarta itu saat ini dilayani KA Kalijaga. Yang memiliki rute perjalanan dari Purwosari-Semarang Poncol PP.

INFOGRAFIS: Kereta Api Joglosemarkerto (Rofiah Hidayat/JPC)

“Dan biasanya disambung Prameks dari Solo kemudian ke Jogjakartanya. Itupun cuma sekali dan pagi hari. Sekarang bisa sekali jalan,” kata Asdo dalam jumpa pers jelang peluncuran KA Joglosemarkarta di ruang VIP Stasiun Tawang, Semarang, Jumat (30/11).

Sesuai jadwal, KA Joglosemarkerto berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 14.53 WIB dan tiba di Stasiun Jogjakarta pukul 18.48 WIB. Artinya, waktu tempuh untuk KA ini adalah sekira 3 jam 40 menit.

“Sebenarnya perkiraan awal tiga jam, tapi karena memang ini bukan pakai kereta baru, sementara 3 jam 40 menit,” sambungnya.

Untuk tarifnya, rute Semarang Tawang-Jogjakarta melewati Stasiun Gundih ini dipatok Rp 105 ribu khusus kelas eksekutif. Dan Rp 60 ribu untuk yang ekonomi.

Sementara Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang, Suprapto menambahkan, KA Joglosemarkarta juga punya rute lain yang menghubungkan Kota Semarang dan Jogjakarta. Yakni melalui Purwokerto. Hanya saja tarifnya lebih mahal, yaitu Rp 200 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp 115 ribu yang ekonomi.

“Berangkatnya dari Semarang Tawang pukul 06.15 WIB lewat Tegal, Pekalongan, Purwokerto, dan akhirnya sampai di Jogjakarta jam 13.50 WIB,” katanya.

Suprapto menegaskan keberadaan KA Joglosemarkerto akan menjadi alternatif transportasi baru. Tak hanya dari Semarang ke Jogjakarta, akan tetapi ke kota-kota lainnya seperti Solo, Purwokerto, Tegal, dan lain sebagainya.

Sementara Manajer Pemasaran Angkutan Penumpang PT KAI Daop IV Semarang, Riyanta mengatakan, salah satu alasan adanya KA Joglosemarkato ini adalah mengakomodir permintaan customer. “Intinya membutuhkan perjalanan Semarang-Jogja yang di saat bersamaan di Purwokerto juga ada usulan untuk bisa langsung ke Solo. Sehingga diformulasikan jadilah loop line ini,” jelasnya. (gul/JPC)

  • Bagikan