HUT Korpri, Walikota Semarang Berangkatkan Sejumlah ASN untuk Umroh Gratis

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Upacara peringatan HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Ke-47 tingkat Kota Semarang yang digelar di halaman Balaikota belangsung khidmat dengan dipimpin langsung oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Kamis (29/11).

Jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Semarang tampak lengkap mengikuti kegiatan sebagai peserta upacara.

Walikota Semarang yang akrab disapa Hendi itu sendiri melaui sambutan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang dibacakannya menekankan point agar Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai bagian dari Korpri harus terus memperkuat diri untuk menjadi agen perubahan bangsa.

Walikota Hendi menegaskan jika dalam kaitan mendorong perubahan bangsa ke arah yang lebih positif, perubahan diri pada masing-masing ASN sendiri sebenarnya yang menjadi sebuah hal paling mendasar untuk didorong terlebih dahulu.

“Mau seperti apapun program serta sistem yang dibangun, namun kalau personil di dalamnya tidak berubah maka tidak akan ada pengaruhnya,” tegas Walikota Hendi.

“Ibarat kita membangun sebuah gedung, kalau fondasinya kuat ya kokoh, kalau fondasinya lemah ya rapuh,” lanjutnya.

Walikota Semarang yang juga politisi PDI Perjuangan itu pun menyoroti rekapitulasi laporan masyarakat dari seluruh Indonesia yang dihimpun oleh Ombudsman RI sepanjang tahun 2017.

Dirinya menceritakan bagaimana Ombudsman RI memotret bagaimana laporan terkait permintaan imbalan turun, tapi di satu sisi laporan terkait pelayanan buruk justru meningkat.

“Ini kan sama saja, tidak minta imbalan tetapi tidak dilayani. Walaupun potret di Kota Semarang tidak seperti itu, tapi ini tetap menjadi warning untuk kita bersama,” jelas Walikota yang ditetapkan sebagai ‘Pembina Pelayanan Publik Terbaik di Indonesia’ oleh Kemenpan RB tiga kali berturut-turut pada tahun 2016, 2017 dan 2018 tersebut.

Dan dalam rangka mendorong pembangunan diri ASN ke arah yang lebih positif itulah pada rangkaian kegiatan peringatan HUT Korpri tingkat Kota Semarang, Walikota Hendi memberangkatkan sejumlah ASN untuk menjalankan ibadah Umroh.

Sejumlah ASN di Pemerintah Kota Semarang yang akan mulai berangkat Umroh pada tanggal 3 Desember 2018 itu sendiri merupakan ASN Golongan II, III, dan IV serta pengawas yang dinilai paling berprestasi.

Selain menyerahkan apresiasi berupa Umroh Gratis kepada ASN di Pemerintah Kota Semarang, dalam rangkaian kegiatan peringatah HUT Korpri ke-47 itu juga Walikota Hendi menyerahkan apresiasi kepada masyarakat Kota Semarang yang terpilih sebagai inovator terbaik melaui ajang Kompetisi Inovasi Semarang 2018.

Salah satunya adalah Satria Pinandita yang mengajukan kepada Pemerintah Kota Semarang sebuah inovasi lampu taman dengan energi biopori bernama Smart Light.

Walikota Hendi sendiri berkomitmen akan mengembangkan ide-ide inovasi yang sudah diajukan masyarakat Kota Semarang untuk diterapkan dalam berbagai urusan perkotaan.

“Masyarakat Kota Semarang punya banya ide, namun selama ini tidak diberi wadah, melalui Kompetisi Inovasi Semarang ini kami memberikan media untuk masyarakat dan pemerintah dapat bersinergi menghasilkan berbagai inovasi untuk pengembangan Kota Semarang,” pungkas Walikota Hendi. (sen)

  • Bagikan