Besok Mulai Dioperasikan, KA Joglosemarkerto Singgahi Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Tegal

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Untuk meningkatkan mobilitas masyarakat Jateng, sekaligus mendukung program peningkatan kunjungan wisata, PT KAI akan meluncurkan layanan kereta api relasi Semarang-Solo-Yogyakarta-Kroya-Purwokerto-Tegal-Pekalongan dengan nama KA Joglosemarkerto pada Sabtu 1 Desember 2018.

Total jarak tempuh KA ini mengelilingi jalur rel di wilayah Jateng adalah 579 km. Guna mendukung operasional KA Joglosemarkerto ini, KAI telah menyiapkan 3 rangkaian kereta api yang masing-masing rangkaian terdiri dari 2 kereta eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk (1 kereta=50 tempat duduk) dan 7 kereta kelas ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk (1 kereta ekonomi=80 tempat duduk).

KA Joglosemarkerto mempunyai kapasitas 660 tempat duduk dalam setiap perjalanannya.

Menurut Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang, Yosita, nantinya setiap hari terdapat 3 titik pemberangkatan awal untuk KA Joglosemarkerto, yaitu dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 06:15 WIB, Stasiun Solo Balapan pada pukul 06:00 WIB dan Stasiun Purwokerto pada pukul 05:00 WIB.

“Diharapkan kehadiran dari 3 rangkaian kereta api ini, bisa memenuhi kebutuhan transportasi warga Jateng untuk koridor penghubung di kota-kota wilayah sekitar Jateng,” katanya, Jumat (30/11).

Tarif KA Joglosemarkerto sendiri, terbagi dalam berbagai macam golongan. Besaran tarifnya disesuaikan dengan jarak tempuh dan jenis layanan keretanya (eksekutif atau ekonomi).

“Dimana dalam masa perkenalan KA ini, KAI memberikan diskon khusus sebesar 10 persen,” ujarnya.

Tiket bisa dipesan melalui channel-channal eksternal penjualan tiket KA, maupun via aplikasi KAI Access dari ponsel.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto menambahkan, kehadiran KA Joglosemarkerto ini, optimis bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan agar waktu tinggal kunjungan selama di Jateng bisa lebih lama lagi.

Nantinya para wisatawan bisa berkeliling ke kota-kota destinasi wisata seperti Semarang yang ada tempat wisata Lawangsewu, Purwokerto yang ada tempat wisata Baturaden, Yogyakarta yang ada tempat wisata keratonnya, dan kota-kota lainnya.

“Diharapkan dengan semakin banyaknya wisatawan membelanjakan uang di Jateng, roda perekonomian akan meningkat. Selain itu, dengan semakin banyaknya alternatif transportasi penghubung di kota-kota wilayah Jateng ini, bisa meningkatkan minat investor dalam berinvestasi,” kata Suprapto di sela-sela persiapan acara launching KA Joglosemarkerto pada tanggal 1 Desember 2018 di Stasiun Semarang Tawang.

Terpisah, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menuturkan, dengan dibukanya relasi baru, KA Joglosemarkerto memberikan pilihan konektivitas relasi tujuan bepergian masyarakat Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Tegal dan sekitarnya.

“Sehingga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan wisata di daerah – daerah tersebut, ” kata Edi. (sen)

  • Bagikan