4.425 Pelamar CPNS di Salatiga Perebutkan 284 Formasi

SALATIGA, RAKYATJATENG – Sebanyak 4.425 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota Salatiga yang telah dinyatakan lolos secara administratif mengikuti seleksi CPNS di GOR Serbaguna Wujil, Kabupaten Semarang. Para pelamar CPNS tersebut terbagi ke dalam 5 sesi yang dilaksanakan pada 8-9 November 2018.

Didampingi Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKDiklatda) Kota Salatiga Muthoin, Sekretaris Daerah Kota Salatiga Fakruroji memantau secara langsung pelaksanaan seleksi tersebut di GOR Serbaguna Wujil, Kamis (8/11).

“Saya sampaikan apresiasi kepada seluruh panitia seleksi, pihak terkait dan juga para peserta CPNS Kota Salatiga karena meskipun antusiasme peserta sangat tinggi, tapi pelaksanaan seleksi dapat berlangsung secara tertib dan aman,” kata Muthoin.

Dia menjelaskan, bahwa 4.425 pelamar tersebut memperebutkan 284 formasi yang tersedia. “Seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang seleksi CPNS untuk 10 kabupaten/kota dan juga pemprov Jateng dipusatkan di tempat ini. Untuk kota Salatiga, total pelamar adalah 4.425 untuk 284 formasi yang tersedia,” katanya seperti dilansir dari laman resmi Pemprov Jateng.

Muthoin menguraikan bahwa peserta diharuskan melewati beberapa tahapan sebelum test yang diampu langsung oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional Yogyakarta. Tahapan tersebut adalah mengisi daftar hadir, mengambil pin/password, kemudian mendengarkan pengarahan tentang petunjuk pengisian computer assisted test (CAT).

“Selain KTP dan Kartu Test, peserta tidak diperbolehkan membawa tas, telepon seluler, jam tangan dan lain-lain. Mereka diharuskan melewati metal detector untuk memastikan hal tersebut. Untuk itu, panitia telah menyediakan penitipan. Setelah dapat informasi dari BKN bahwa ruang test telah siap, maka peserta untuk 1 sesi, yaitu sebanyak 1.000 orang diarahkan ke ruang test yang diampu langsung oleh BKN,” ungkap Muthoin. (sen)