Pangdam IV/Diponegoro Apresiasi Kinerja Babinsa, Babinkamtibmas dan Kades/Lurah

  • Bagikan

MAGELANG, RAKYATJATENG – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto S.Sos M.Si mengapresiasi kinerja 3 pilar yaitu Babinsa, Babinkamtibmas dan para Kepala Desa/Lurah yang telah mewujudkan Jawa Tengah tetap dalam situasi yang kondusif.

“Keberhasilan mewujudkan situasi kondusif tersebut berkat sinergitas dari 3 pilar dan saya berharap kinerja ini dapat terus ditingkatkan terlebih menghadapi tantangan ke depan yang lebih berat,” kata Pangdam.

Penegasan tersebut disampaikan pimpinan tertinggi di lingkungan Kodam IV/Diponegoro ini saat memimpin apel 3 pilar yang dilaksanakan di Hotel Artos Magelang, Rabu (7/11).

Pangdam mengatakan, bahwa apel 3 pilar ini dilaksanakan dalam rangka menjaga roda pembangunan di segala bidang yang sudah direncanakan oleh pemerintah.

“Tantangan yang kita hadapi kedepan bukan semakin ringan, tapi semakin berat. Terlebih dengan akan digelarnya pesta demokrasi Pemilu 2019 dengan skala yang lebih besar karena melaksanakan pemilihan Presiden, Wakil Presiden dan wakil rakyat bagi DPR dan DPRD Provinsi, Kota/Kabupaten serta DPD,” ujarnya.

Namun dengan bercermin dari pelaksanaan Pilkada Serentak yang dilaksanakan di wilayah Jawa Tengah, Pangdam percaya pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2019 dapat berjalan dengan lancar dan situasi tetap kondusif.

“Semua bisa terwujud bila masing-masing memahami peran dan dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. Bapak-ibu sudah menduduki jabatan sehingga mengetahui segala yang harus dilaksanakan sesuai dengan jabatan yang diemban,” jelasnya.

Dicontohkan, sebagai Babinsa harus betul-betul sudah bisa mengemban tugas dan tanggung jawabnya. Babinsa harus mengetahui, apakah masyarakat di wilayah binaannya sudah tertata dengan baik dan masih banyak lagi tugas yang harus dilaksanakan.

Menurut mantan Kapuspen TNI tersebut, harus mampu menyelesaikan setiap masalah yang yang terjadi sesuai dengan peran dan jabatan masing-masing.

“Sebagai pejabat, kita tidak boleh sombong dan tidak boleh merasa hebat dengan keberhasilan yang telah dicapai. Untuk itu, perlu dilakukan evaluasi dalam setiap tugas yang telah dilaksanakan. Dari hasil evaluasi, maka kita akan tahu sejauhmana kinerja kita. Sehingga apabila kinerja kita lebih ditingkatkan maka Jawa Tengah akan luar biasa, aman, hebat, damai, sejuk, pembangunan hebat dan rakyat pasti akan sejahtera,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapakan Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Condro Kirono M.M M.Hum. Menurutnya, 3 pilar harus bisa menjaga keamanan lingkungan terlebih menyambut pesta demokrasi Pemilu 2019 dan netralitas TNI-Polri dan ASN tetap terjaga.

Kapolda berpesan agar tidak dijadikan sebagai alat untuk saling menyerang, namun sebagai ajang untuk mengecilkan konflik. “Untuk keberhasilan menjalankan tugas, maka kita harus mengedepankan hati dan nurani dalam menjalankan tugas serta rebut simpati masyarakat,” kata Jenderal bintang dua itu.

Selain dihadiri Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto S.Sos M.Si dan Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Condro Kirono M.M M.Hum, apel 3 pilar itu diikuti oleh Babinsa, Babinkamtibmas dan para Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten dan Kota Magelang.

Dalam kesempatan tersebut, apel 3 pilar diawali dengan pembacaan ikrar netralitas TNI-Polri dan ASN serta deklarasi damai yang dibacakan pimpinan partai politik di Kota dan Kabupaten Magelang. (sen)

  • Bagikan