PT KAI Gelar Festival Hari Museum Indonesia di Lawang Sewu, Banyak Kegiatan Menarik

SEMARANG, RAKYATJATENG – Memeriahkan Hari Nasional Museum Indonesia pada 12 Oktober 2018, PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) menggelar Festival Hari Museum Indonesia.

Festival yang digelar di Historic Building Lawang Sewu Semarang ini dibuka oleh Deputy Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang Asdo Atrivianto dan disaksikan oleh Corporate Deputy Director of Preservation, Arstecture and Building Setyo Rini.

Kegiatan ini bertujuan mengenalkan museum-museum milik PT KAI kepada masyarakat, terutama generasi milenial. Pemilihan Kota Semarang karena merupakan kota yang menjadi tempat pembuatan jalur kereta api di Indonesia yang pertama kali di bangun.

Sementara Lawang Sewu, dahulu merupakan kantor yang digunakan sebagai Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) pada masa kolonial dan saat ini telah menjadi salah satu landmark Kota Semarang.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto megatakan, bahwa festival yang digelar kali ketiga ini mengusung tema “Museum Kebanggaan Milenial”. Rangkaian kegiatan di dalamnya merupakan bagian dari upaya edukasi, promosi dan publikasi museum perkeretaapian kepada masyarakat, terutama generasi milenial.

“Sehingga nantinya generasi milenial mengetahui dan pada akhirnya bisa meningkatkan minat berkunjung ke museum,” kata Suprapto disela-sela kegiatan di Lawang Sewu, Jumat (12/10).

Festival yang berlangsung selama tiga hari, yakni 12-14 Oktober 2018 mulai pukul 08.00-21.00 WIB menghadirkan beragam kegiatan menarik. Antara lain, sharing session museum, join exhibition beberapa museum di Semarang, live music, bazaar kuliner khas Semarang, lomba mewarnai untuk anak, lomba cerita sejarah pelajar dan permainan tradisional.

“Kita berharap rangkaian kegiatan Festival Hari Museum Indonesia ini bisa semakin mendekatkan dunia museum kepada kalangan milenial, sehingga rangkaian kilas sejarah bisa terus restari dan tidak terputus antara generasi sekarang dengan generasi yang akan datang,” harapnya,

Sebelumnya, pada 2-3 Oktober 2018 telah dilaksanakan kegiatan “Museum Goes to School” sebagai kegiatan awal dari rangkaian Festival Hari Museum Indonesia. Melalui kegiatan ini, sebanyak empat sekolah yang ada di Semarang dikunjungi oleh Tim Heritage PT KAI.

Para pelajar dari SD Bilingual Islam Annisa, SD N 1 Barusari, SMA N 5 Semarang dan SMA N 7 Semarang diajak untuk belajar sambil bermain. Pelajar diperkenalkan mengenai seputar museum-museum milik PT KAI.

Saat ini, data pengunjung Museum Lawang Sewu dari periode 1 Januari 2018 sampai dengan 11 Oktober 2018 berjumlah total 797.626 pengunjung.

Sementara untuk pengunjung Museum Ambarawa dari periode 1 Januari 2018 sampai dengan 11 Oktober 2018 berjumlah 203.417 pengunjung. Dengan jumlah pengunjung Museum Ambarawa yang menggunakan KA wisata Ambarawa sebanyak 79.708 orang. (sen)