131 Pamen Naik Pangkat, Pangdam Diponegoro: Harus Dijadikan Sumber Motivasi dan Inspirasi

SEMARANG, RAKYATJATENG – Kenaikan pangkat prajurit pada hakikatnya merupakan pengejawantahan penghargaan dari Angkatan Darat dan TNI atas dedikasi dan prestasi dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya kepada satuannya, kepada Angkatan Darat, TNI, bangsa dan negara.

Dengan kenaikan pangkat, maka para prajurit diharapkan dapat mempersembahkan karya pengabdian yang Iebih berkualitas seiring dengan pangkat yang disandangnya dan senantiasa berbuat dengan dilandasi oleh rasa tanggung jawab yang lebih besar.

Hal itu ditegaskan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto S.Sos M.Si saat memimpin acara laporan Korps Kenaikan Pangkat Perwira Menengah (Pamen) Kodam IV/Diponegoro yang berlangsung di Aula Makodam IV/Diponegoro, Senin (1/10).

Pamen yang melaksanakan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi berjumlah 131 orang, terdiri dari 5 Kolonel, 37 Letnan Kolonel dan 89 Mayor.

“Dengan dinamika tantangan tugas yang semakin kompleks, maka kenaikan pangkat ini harus dapat dijadikan sumber motivasi dan inspirasi untuk memantapkan kejuangan dan idealisme sebagai perwira, memantapkan moralitas dan etika profesi keprajuritan,” kata Pangdam.

Dengan demikian, para Perwira tidak mudah tergoyahkan oleh hal-hal yang dapat merugikan satuan dan citra diri sendiri serta terus berupaya untuk meningkatkan profesionalisme keprajuritan yang berbasis pada jatidiri TNI.

“Perwira harus tampil sebagai sosok panutan yang dapat dibanggakan bagi satuan dan anggota atau bawahan serta lingkungannya,” harap Pangdam.

Hal tersebut berarti bahwa para Perwira mampu mengaktualisasikan makna pangkat yang disandang dan jabatan yang diemban saat ini secara benar, baik terhadap diri para Perwira maupun lingkungan dimana para Perwira berada.

“Tanamkan dalam sanubari bahwa kenaikan pangkat hanya diberikan kepada prajurit yang berprestasi dan Perwira yang pantas dan berhak menerimanya,” tegas Pangdam.

Pada kesempatan ini, Pangdam juga mengucapkan terima kasih atas ketulusan ibu-ibu dan bapak-bapak dalam mendampingi suami/isteri dan selalu mendorong semangat dalam mengemban tugasnya, sehingga diberikan kepercayaan oleh pimpinan dengan dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi.

Pamen yang dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya diantaranya Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Arh Zaenudin S.H M.Hum, Dandenmadam IV/Diponegoro Kolonel Inf Angkat Purbadi, Kasiopsrem 072/Pmk Kolonel Inf Hery Setiono, Kasipersrem 072/Pmk Kolonel Inf Riza Anom Putranto, S.I.P M.Si dan Ketua Komite Medik Rumkit Dr Soedjono Kolonel Ckm Dr Drg Puji Hartono, Sp.Ort M.A.R.S. (sen/yon)