Lantik Empat Kepala Daerah, Ganjar: Tolong Aspek Lingkungan Diperhatikan

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan sejumlah pesan pada upacara pelantikan empat kepala daerah di wilayahnya. Ganjar meminta para kepala daerah yang baru memperhatikan isu lingkungan yang kini tengah menjadi sorotan.

“Jateng diidolakan untuk investasi, saya minta bapak itu tolong siapkan, tapi tolong aspek lingkungan diperhatikan. Karena aspek lingkungan jadi nomor satu,” ujar Ganjar dalam upacara pelantikan yang berlangsung di gedung Grhadika Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jateng, seperti dilansir Kantor Berita RMOLJateng, Senin (24/9).

Mereka yang dilantik dan diambil sumpah jabatannya adalah  Bupati dan Wakil Bupati Banyumas, Achmad Husein dan Sadewo Tri Lastiono, Bupati dan Wakil Bupati Temanggung, M Al Khadziq dan Heri Ibnu Wibowo, Bupati dan Wakil Bupati Kudus M Tamzil dan Hartopo serta Wakil Walikota Tegal Nursholeh yang dilantik menjadi Walikota Tegal sisa masa jabatan tahun 2014-2019.

Acara itu juga disertai, pelantikan Ketua TP-PKK dan Dekranasda Kabupaten Banyumas, Temanggung, Kudus serta Pelantikan TP-PKK dan Dekranasda Kota Tegal Sisa Masa Jabatan 2014-2019.

Ganjar mengatakan, isu pokok yang muncul saat ini adalah lingkungan. Saat ini lingkungan di Jateng tengah mengalami degradasi.

Gubernur Jateng itu menyinggung kebakaran hutan Gunung Sindoro dan Sumbing. Untuk merehabilitasinya, butuh waktu yang lama. “Air juga jadi persoalan, hingga sampah luar biasa,” ujar dia.

Ganjar menyebut, politik air perlu diperhatikan. Setelah melalui pehitungan, ternyata Jateng mengalami kekurangan sumber air baku. Solusinya adalah air tanah yang tidak boleh rusak.

Dalam pesan lainnya, Ganjar  juga meminta agar gerakan masyarakat sehat atau Germas sebagai upaya politik kesehatan terus ditingkatkan. [yls/rmol]

  • Bagikan