Oktober Masuk Musim Hujan, 4 Daerah di Jateng Rawan Longsor

  • Bagikan
ilustrasi (int)

SEMARANG, RAKYATJATENG – Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah Jawa Tengah akan memasuki musim hujan pada akhir Oktober mendatang. Meski masih sebulan lagi,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng sudah mulai melakukan persiapan.

“BPBD sudah mulai mengantisipasi datangnya musim hujan tahun ini yang menurut prakiraan BMKG, bakal datang sekitar akhir Oktober 2018,” terang Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Jateng, Sarwa Permana seperti dilansir Kantor Berita RMOLJateng, Minggu (9/9).

“Yang paling bahaya itu kalau setelah kemarau panjang tiba-tiba hujan deras. Itu bisa memicu longsor,” kata pria berambut putih itu.

Ia mengatakan, ada empat daerah rawan longsor di Jateng yaitu Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Cilacap.

Untuk mengantisipasi datangnya musim hujan, pihaknya sudah memasang EWS (Early Warning System) di sejumlah daerah.

Sarwa menyatakan, perlu partisipasi warga untuk pencegahan bencana hingga saat terjadi bencana. Sarwa yakin, para warga di daerah rawan bencana punya kearifan lokal terkait kebencanaan.

“Saya cuma berdoa jangan sampai ada gempa,” ujarnya. [yls]

  • Bagikan