Dihadiri Direktur PT KAI, Perayaan HUT RI Ke-73 di Lawang Sewu Dimeriahkan Berbagai Kegiatan Sosial

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-73, hari ini bertempat di lokasi halaman Lawang Sewu-Semarang, diadakan serangkaian kegiatan.

Adapun jenis perayaan ini dimulai dari rangkaian upacara, pemberian bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat di wilayah Jawa Tengah, perlombaan rakyat hingga hiburan keroncong.

Pemilihan Lawang Sewu sebagai lokasi peringatan Hari Kemerdekaan RI kali ini, dilatarbelakangi agar tempat wisata kebanggaan warga Kota Semarang ini semakin dikenal oleh kalangan masyarakat luas. 

Lawang Sewu menjadi saksi biksu bagi perjalanan perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Mulai sebagai tempat kantor pusat perkeretaapian di jaman Hindia Belanda hingga peristiwa pertempuran 5 hari di Kota Semarang. Semua ini tidak lepas dari keberadaan sosok bangunan Lawang Sewu.

Hadir dalam acara peringatan tersebut diantaranya Direktur PT KAI Edi Sukmoro, jajaran direksi PT KAI, perwakilan PT TWC, perwakilan PT KIW, perwakilan PT Perhutani dan perwakilan dari Kementrian Perhubungan.

Setelah selesai dengan gelar upacara, acara dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan sosial, seperti pembagian bantuan CSR dalam program “BUMN Hadir Untuk Negeri” kepada masyarakat di sekitar Jawa Tengah.

Adapun bantuan yang telah diberikan pada tahun 2018 oleh pihak KAI dan sejumlah BUMN lainnya diantaranya, Program Siswa Mengenal Nusantara, Program Elektrifikasi, pembangunan prasarana dan sarana MCK, pembangunan air bersih, perbaikan rumah pegawai BUMN yang berpenghasilan rendah, pembuatan rumah baca atau taman baca.

Selain itu, program bea siswa pendidikan, program pasar murah, pembangunan prasarana dan sarana pendidikan, program pemberdayaan masyarakat, program padat karya tunai, pembagunan dan perbaikan prasarana serta sarana umum.

Pada program “BUMN Hadir Untuk Negeri” tersebut pihak PT KAI telah mengeluarkan sejumlah dana CSR-nya sebesar Rp 2.151.323.260.

Adapun rinciannya, Rp 1 miliar untuk pembangunan fasilitas MCK di 10 Kecamatan-Kabupaten Demak, masing-masing bernilai Rp 100.000.000, program taman baca di SMKN Jawa Tengah sebesar Rp 52.000.000, sebesar Rp 200.000.000 untuk pengembangan prasarana dan sarana di 2 Kecamatan-Kabupaten Demak, masing-masing Rp 100.000.000.

Juga program siswa mengenal nusantara yang merupakan program pertukaran 38 siswa di Provinsi Jawa Tengah dengan 23 siswa di Propinsi Kalimantan Barat, yang biaya penyelenggaraan dari CSR PT KAI sebesar Rp 899.323.260.

“Diharapkan dengan berbagai program bantuan CSR tersebut, bisa lebih mendekatkan keberadaan perusahaan BUMN pada umumnya dan PT KAI pada khususnya, dengan masyarakat sekitarnya,” kata Dirut PT KAI Edi Sukmoro di sela-sela upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-73 di Lawang Sewu, Jumat (17/8).

Rangkaian perayaan oleh sejumlah BUMN di Kota Semarang ini, dilanjutkan dengan acara gerak jalan santai pada Sabtu 18 Agustus 2018 yang akan diikuti oleh 2.500 peserta di Halaman Kantor Perhutani-Rimba Graha, Semarang.

“Melalui berbagai perayaan hari Kemerdekaan RI ke-73 ini, semoga bisa menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia agar selalu menjunjung persatuan dan kesatuan. Dengan meningkatkan solidaritas sosial antar sesama, sehingga nilai-nilai kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan, bisa akan selalu diteruskan oleh generasi muda di masa yang akan datang,” harap Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto. (sen/yon)

  • Bagikan