Tumbuhkan Semangat Cinta Tanah Air dan Bela Negara, SMAN 11 Semarang Kerjasama Kodim

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Sebagai upaya pembinaan dan mendidik karakter pelajar dalam menumbuhkan semangat cinta tanah air dan bela negara, SMA Negeri 11 Semarang menjalin kerjasama dengan Kodim 0733 BS/Semarang. Hal ini diwujudkan dengan sinergitas bersama Komando Rayon Militer (Koramil) 13 Semarang Selatan.

Kerjasama itu, salah satunya dalam bentuk yakni terlibat upaya pembinaan dan mendidik karakter pelajar dalam menumbuhkan semangat cinta tanah air dan bela negara.

Seperti saat upacara bendera Senin (6/8/2018) pagi, Danramil 13 Semarang Selatan, Mayor Inf Rahmatullah bertindak sebagai Pembina Upacara. Dia memberikan amanat upacara mengupas pentingnya semangat cinta tanah air melandasi setiap jiwa pelajar.

“Upacara pagi ini merupakan bentuk kita meneguhkan semangat cinta tanah air, membangun kebersamaan dan memupuk kepedulian sosial. Oleh karena itu ikutilah upacara dengan baik, dengan sikap sempurna saat hormat bendera, dan jangan berisik ngomong sendiri-sendiri,” ungkap Rahmatullah yang mengawali amanatnya dengan mendoakan bersama untuk bencana gempa Lombok.

Danramil juga berpesan agar generasi muda memiliki kewaspadaan terhadap pengaruh negartif yang menyusup berkedok informasi melalui media sosial (medsos).

“Jangan mudah terprovokasi konten-konten radikalisme, narkoba dan apapun yang berpotensi merusak etika dan tatanan moral kita. Kalau ada hal-hal yang aneh dan menyimpang, komunikasikan dengan bapak dan ibu guru. Boleh juga kepada kami, Koramil atau Polsek. Supaya bisa cepat diambil tindakan guna melakukan pencegahan dini,” lanjut Mayor Inf Rahmatullah.

Pelajar, menurut Rahmatullah merupakan sasaran empuk untuk penghancuran Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka dicekoki konten yang merusak pikiran agar tidak berpihak pada bangsa dan negara.

Mentalnya juga banyak dirusak dengan pengaruh narkoba, pornografi dan permainan berbasis teknologi yang mengikis kehidupan sosialnya.

Oleh karena itu, menurut Rahmatullah para pelajar harus selalu diingatkan melalui pembinaan dan pendekatan secara kontinyu.

“Melalui kegiatan komunikasi sosial, pembinaan akan kami lakukan, termasuk apa yang telah digagas Kepala SMA Negeri 11 Semarang sangat cepat kami tanggapi dan apresiasi. Hal ini sesuai perintah Dandim 0733 BS/Semarang Kolonel Inf M Taufiq Zega agar kami prajuritnya selalu berada di tengah-tengah masyarakat untuk membantu mengatasi problem rakyat, termasuk menumbuhkan kembali karakter,” kata Rahmatullah.

Drs Supriyanto MPd, Kepala SMA Negeri 11 Semarang merasa senang atas kiprah Koramil 13 Semarang Selatan pada sekolahnya yang letaknya berada berhadapan.

“Danramil cukup aktif memberi support kepada kami, terutama dalam membina dan membentuk karakter pelajar. Bahkan para prajurit TNI AD di Koramil 13 juga ikut aktif membina siswa-siswi dalam kegiatan paskibraka dan lainnya. Karena itu kami ingin meningkatkan sinergitas ini agar benar-benar bisa berdampak positif bagi masa depan anak-anak,” lanjut Kepala Sekolah SMA Negeri 11 Semarang. (sen)

  • Bagikan