35 Siswa di Jateng Terpilih Ikut Program SMN

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Puluhan siswa mengikuti seleksi untuk masuj dalam Program Siswa Mengenal Nusantara Provinsi Jawa Tengah 2018. Seleksi digelar selama 2 hari (26-27 Juli) di Allstay Hotel Semarang.

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) adalah salah satu Program BUMN Hadir Untuk Negeri dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73 dan sebagai wujud kontribusi nyata BUMN dalam memberikan sumbangsih yang terbaik bagi Negeri dan rakyat Indonesia.

SMN adalah kegiatan pertukaran pelajar dari 34 Provinsi di Indonesia yang diinisasi oleh Kementrian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi.

Program SMN bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.

Sebanyak 38 peserta SMN Provinsi Jawa Tengah akan dikirim ke Kalimantan Barat. Sebaliknya SMN yang di Kalimantan Barat akan dikirimkan ke Jawa Tengah.

Diharapkan dengan kegiatan ini, mereka akan saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam provinsi lain.

Tahun 2018 ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) ditunjuk sebagai koordinator kegiatan SMN di Provinsi Jawa Tengah bersama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), PT Kawasan Indistri Wijayakusuma (Persero) dan Perum Perhutani.

Kegiatan seleksi ini dilaksanakan oleh BUMN yang menjadi koordinator (PIC) dengan berkoordinasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, bahwa proses seleksi dilaksanakam dengan 2 tahapan seleksi yaitu tes tertulis pada 26 Juli 2018 dan tes wawancara pada 27 Juli 2018, di Kota Semarang.

“Peserta seleksi adalah siswa atau siswi berprestasi dan kurang mampu sebanyak 70 siswa-siswi dari 35 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah,” katanya.

Pada akhirnya, akan terpilih 35 siswa-siswi yang akan mengikuti kegiatan SMN Provinsi Jawa Tengah, di tambah 3 peserta dari siswa-siswi difabel (berkebutuhan khsusus).

Suprapto mengatakan, pada hari ini, Jumat (27/7) telah terpilih 35 peserta sekolah di wilayah Provinsi Jateng yang akan mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara 2018.

Sementara untuk 3 peserta dari lingkungan SLB akan dipilih langsung oleh pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya para peserta yang terpilih akan mengikuti program pembekalan pada 9 hingga 12 Agustus 2018. Kemudian pada 13 Agustus 2018 akan diberangkatkan ke Propinsi Kalimantan Barat.

“Kita berharap kepada 38 siswa-siswi yang terpilih agar mempergunakan kesempatan ini untuk bisa mengembangkan kemampuan dan wawasannnya. Dan semoga para peserta PSN Jawa Tengah 2018 yang terpilih bisa menjaga dan mengharumkan nama baik Jawa Tengah ketika berada di Propinsi Kalimantan Barat nantinya,” harap Suprapto. (sen/yon)

  • Bagikan