Rabu, Kota Semarang Dilewati Arak-arakan Api Obor Asian Games 2018

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Ajang pesta olah raga 4 tahunan sekali Asian Games ke-18 negara-negara Asia akan berlangsung di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus hingga 2 September mendatang.

Mengawali rangkaian event Asian Games tersebut akan diselenggarakan arak-arakan api obor Asian Games (Torch Relay Asian Games 2018) yang diambil langsung dari Api Abadi Mrapen.

Salah satu kota yang dilalui adalah Kota Semarang yang berlangsung pada Rabu (18/7) di halaman Balaikota Semarang tepat pukul 10.00 WIB.

Rencananya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani akan melepas rombongan pembawa api dari Mrapen ke Semarang.

Api akan disimpan di dalam Thinder Box dibawa oleh mantan petenis nasional Indonesia, Yustejo Tarik ke Semarang.

Setelah sampai di Kota Semarang, api obor akan diarak dari depan Kantor Radio Republik Indonesia (RRI) Jalan Ahmad Yani menuju Simpang Lima.

Di RRI api akan diserahkan dari Yustejo Tarik kepada mantan atlet tenis Indonesia, Yayuk Basuki untuk diarak menuju Balaikota dengan melewati Jalan Gajahmada.

Setibanya di Balaikota, Yayuk Basuki menyerahkan api obor Asian Games kepada Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Selanjutnya Walikota Semarang yang juga akrab disapa Hendi tersebut akan menyerahkan kepada Yustejo Tarik untuk dibawa menuju Prambanan guna digabungkan dengan api dari India.

Meramaikan prosesi tersebut, di Balaikota akan diadakan berbagai macam atraksi berupa drumband, bela diri, barongsai, dan lain-lain.

Plt Kabag Humas dan Protokol Kota Semarang, Agus Joko Triyono menjelaskan bahwa selama berlangsungnya prosesi arak-arakan api obor Asian Games, Jalan Ahmad Yani depan RRI sampai Simpang Lima ditutup sementara mulai pukul 09.30-11.00 WIB.

“Kepada warga masyarakat yang akan melintasi Jalan Ahmad Yani, kami imbau untuk sementara waktu mencari jalur alternatif yang lain,” katanya, Selasa (17/7).

Agus Joko Triyono juga mengajak warga Kota Semarang untuk ikut mangayubagyo dengan menyaksikan prosesi arak-arakan api obor Asian Games di halaman Balaikota. (sen/yon)

  • Bagikan