Prediksi Perseru vs Persija: Jangan Remehkan Tuan Rumah

JAKARTA, RAKYATJATENG – Partai menarik akan tersaji antara Perseru Serui menghadapi Persija Jakarta di Stadion Marora, Kabupaten Yapen, Selasa (3/7) siang WITA. Persija ingin memanfaatkan momentum usai mengalahkan Persib Bandung akhir pekan lalu. Kemenangan dalam laga El Clasico Indonesia itu tentu menjadi spirit Macan Kemayoran untuk kembali meraih kemenangan.

Hanya saja, sebagai tuan rumah, Perseru jelas tak bisa dipandang sebelah mata. Faktanya sepanjang bermarkas di Marora, mereka sangat sulit ditaklukkan. Di Liga 1 2018, hanya PSM Makassar yang mampu meraih kemenangan di sana, itu pun karena gol bunuh diri Donni Haroid Monim.

Sementara tim lain yang bertandang ke sana harus pulang dengan kepala tertunduk seperti PSIS Semarang dan Bhayangkara FC. Apalagi, laga nanti menjadi partai kandang perdana mereka kembali ke Marora setelah mengungsi di Malang selama bulan Ramadan.

Terakhir kali Persija melawat ke Serui juga gagal meraih kemenangan setelah bermain imbang tanpa gol. Itu terjadi di ISC 2016. Di Liga 1 2017, Persija mampu menang 3-0 dalam status tim tamu. Namun, kala itu Perseru tak bermain di Marora, melainkan Stadion Patriot, Bekasi.

Perjalanan panjang dan melelahkan bagi tim tamu tentu bisa dimanfaatkan tim Cenderawasih Jingga. Andai kalah, jelas bakal membuat Perseru kian terperosok di jurang degradasi karena hanya meraih 14 poin dari 12 laga sebelumnya.

“Pertandingan yang menentukan buat Perseru karena kami juga sudah banyak kehilangan poin sehingga kami bisa memperbaiki peringkat. Pertandingan pasti akan menarik karena mereka juga enggak mau kalah, apalagi mereka habis menang lawan Persib,” ungkap pelatih Perseru, Putu Gede sebelum laga.

Di satu sisi, Macan Kemayoran dalam momentum yang bagus jelang menghadapi Cenderawasih Jingga. Mereka baru saja meraih kemenangan atas musuh bebuyutannya, Persib beberapa hari sebelumnya.

Dalam lima partai terakhir, mereka bahkan sukses meraih tiga kemenangan, sekali imbang, dan cuma satu kekalahan. Apalagi, pasukan Stefano Cugurra Teco punya rekor yang apik dalam lawatan sebelumnya ke Marora yakni menahan imbang.

Terlebih Perseru dilanda inkonsistensi. Mereka baru saja menlan dua kekalahan beruntun sebelum libur panjang Lebaran. Kemenangan bisa membawa Persija duduk di urutan kedua dan menggeser Barito Putera. Saat ini mereka ada di posisi keempat dengan 20 poin.

“Permainan Perseru sudah saya lihat beberapa pertandingan. Mereka benar-benar punya kerja keras di belakang dengan kebobolan sedikit. Kami harus konsentrasi menyerang dan melakukan segala cara untuk mencari peluang mencetak gol,” papar Teco. (ies/JPC)