Sedekah Bumi dan Laut Tampilkan Kreativitas Unik

  • Bagikan

PATI, RAKYATJATENG – Tradisi sedekah bumi yang dikemas bersamaan dengan sedekah laut di Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menjadi ajang kreativitas masyarakatnya untuk menampilkan gaun unik untuk dipertontonkan kepada masyarakat, Minggu (1/7).

Kreativitas masyarakat Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati itu, ditunjukkan lewat desain gaun unik yang beraneka ragam yang dipertontonkan saat kirab sedekah Bumi dan laut ini.

Di antaranya, terdapat gaun yang menyerupai sayap burung, gaun burung merak, gaun yang menampilkan tokoh pewayangan, hingga pakaian adat khas Papua serta gaun berbentuk motif bunga.

Meskipun kirab sedekah bumi dan laut hanya digelar di jalan-jalan desa setempat, namun mampu menarik ribuan pengunjung dari berbagai daerah.

Ketua Panitia Sedekah Bumi dan Laut Desa Bendar Jamari di Pati, Minggu (1/7), mengungkapkan ajang sedekah bumi yang digelar bersamaan dengan sedekah laut memang sengaja menampilkan kreasi warga, terutama yang warga yang masih duduk di bangku SMK, khususnya jurusan tata busana.

Melalui perayaan tradisi tahunan tersebut, katanya, warganya bisa mendesain sendiri gaun yang akan dipakai saat kirab sedekah bumi maupun laut.

“Masyarakat memang diberikan kebebasan untuk mendesain busana yang unik untuk dikenakan pada saat kirab sehingga bisa tampil mengesankan,” ujarnya.

Selain menjadi ajang kreativitas, lanjut dia, kirab sedekah Bumi yang menampilkan aneka desain gaun unik hingga ada yang membuat desain pakaian adat khas Papua.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan pertunjukkan reog Ponorogo.

Dengan semakin menariknya acara tahunan tersebut, dia berharap, bisa menjadi daya tarik wisatawan, baik lokal maupun nasional untuk melihat kemeriahan acara tahunan tersebut.

Sementara sedekah lautnya, kata dia, diadakan larung sesaji yang berisi kepala kambing, pisang raja, kelapa hijau, dan kembang setaman yang juga dilaksanakan hari ini, Minggu (1/7).

Dalam rangka memeriahkan acara tersebut, lanjut dia, setiap rumah penduduk disediakan suguhan makanan dan minuman yang bisa dinikmati para pengunjung, meskipun belum kenal sebelumnya.

Hal itu, kata dia, sebagai bentuk sedekah warga setempat, sekaligus untuk menyambung tali silaturahmi.

Adapun rangkaian kegiatan sedekah laut dan bumi, meliputi turnamen bola voli Samudra Cup yang diikuti 16 klub bola voli dari Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Nantinya, kata dia, akan digelar pula pengajian dengan menghadirkan sejumlah kiai terkenal, kosidah modern, salawatan, pemberian santunan kepada anak yatim piatu hingga acara pentas dangdut. (ant)

  • Bagikan