Prediksi Prancis vs Argentina: Pembuktian Seorang Messi

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Argentina akhirnya mendapatkan tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Setelah terseok-seok usai imbang lawan Islandia dan kalah dari Kroasia, Argentina akhirnya finis sebagai runner up grup D setelah memenangkan pertarungan hidup mati melawan Nigeria, 27 Juni 2018 lalu.

Permainan Tim Tango di babak penyisihan dinilai sangat jauh dari kata memuaskan. Sebab Argentina seolah kehilangan karakter sepak bolanya dan ini menjadi pekerjaan serius untuk Jorge Sampaoli selaku pelatih tim.

Pria yang pernah menangani Sevilla itu tak boleh bergantung ke satu pemain saja. Lionel Messi yang selama ini menanggung beban harus membagi tugasnya dengan pemain bintang lain seperti Angel Di Maria, Paulo Dybala, Gonzalo Higuain, serta Sergio Aguero. Namun sebenarnya inilah yang ditunggu-tunggu penggemarnya, yaitu pembuktian seorang megabintang Messi.

“Dia membutuhkan itu (dukungan). Semua pemain di tim ini harus berbagai peran dengannya. Dengan begitu, dia bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya,” ujar Sampaoli yang dikutip dari BBC.

Bila kesalahan di babak penyisihan grup masih termaafkan, lain cerita di fase 16 besar. Argentina tak bisa lagi bermain ‘Messidependencia’. Sebab lawan mereka di fase ini adalah Prancis, tim yang menyandang status sebagai jawara grup C. Duel kedua tim nantinya digelar di Stadion Kazan Arena, Sabtu (30/6) malam WIB.

Di babak penyisihan, Les Bleus tak pernah mengalami kekalahan. Dua kemenangan dan satu hasil imbang menjadi bukti kalau Prancis pantas difavoritkan sebagai juara Piala Dunia 2018.

Penampilan tim asuhan Didier Deschamps juga dinilai lebih menghibur sebab mereka tak memusatkan semuanya ke satu pemain saja. Sama seperti Argentina, Prancis juga diperkuat pemain-pemain bintang seperti Paul Pogba, Olivier Giroud, N’golo Kante, Ousmane Dembele, Kylian Mbappe, dan Antoine Griezmann. Bedanya, mereka lebih mengutamakan kerja sama kolektif ketimbang terpaku ke satu ujung tombak.

Untuk mematikan langkah Messi, Prancis sudah mempersiapkan ‘senjata andalan’. Di lini pertahanan, ada duet Samuel Umtiti dan Raphael Varane. Seperti diketahui, Umtiti merupakan rekan Messi di skuad Barcelona. Sedangkan Varane sering mengawal La Pulga ketika El Barca bertemu dengan Real Madrid. Melihat fakta-fakta ini, sudah jelas kalau Argentina tak bisa lagi menggantungkan semuanya ke kaki Messi seorang.

“Messi punya bakat yang sangat luar biasa. Jadi wajar jika kami mempersiapkan sejumlah rencana untuk mencegahnya mencetak gol,” ucap Deschamps pada Reuters.

Argentina sebenarnya punya striker yang tidak kalah hebat yakni Dybala, Higuain, serta Aguero. Namun sayang eksistensi dan pengaruh ketiganya tertutup oleh aura bintang yang dimiliki Messi.

Sebaliknya, Prancis tak cuma Paul Pogba atau Antoine Griezmann seorang. Mereka tetap bisa mengancam lewat pergerakan Mbappe, Giroud, Dembele, Nabil Fekir, serta Thomas Lemar.

Berikut perkiraan susunan pemain kedua tim
Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Djibril Sidibe, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; Blaise Matuidi, N’golo Kante; Antoine Griezmann, Paul Pogba, Kylian Mbappe; Olivier Giroud.

Argentina (4-4-2): Franco Armani; Gabriel Mercado, Federico Fazio, Nicolas Otamendi, Marcos Rojo; Angel Di Maria, Javier Mascherano, Ever Banega, Maximiliano Meza; Sergio Aguero, Lionel Messi.

Head to head
12/02/09: Prancis 0-2 Argentina
08/02/07: Prancis 0-1 Argentina
07/06/78: Argentina 2-1 Prancis
16/07/30: Argentina 1-0 Prancis

5 Laga Terakhir Prancis
26/06/18: Denmark 0-0 Prancis
21/06/18: Prancis 1-0 Peru
16/06/18: Prancis 2-1 Australia
10/06/18: Prancis 1-1 Amerika Serikat
02/06/18: Prancis 3-1 Italia

5 Laga Terakhir Argentina
27/06/18: Nigeria 1-2 Argentina
22/06/18: Argentina 0-3 Kroasia
16/06/18: Argentina 1-1 Islandia
30/05/18: Argentina 4-0 Haiti
28/03/18: Spanyol 6-1 Argentina

Wasit: Alireza Faghani (Iran)
Stadion: Kazan Arena

Prediksi:
Prancis 60%-40% Argentina

(bep/JPC)

  • Bagikan