Jelang Prancis vs Argentina: Ajang Panggung Pogba vs Messi

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Laga Prancis melawan Argentina di babak 16 besar, Sabtu (30/6) malam WIB akan menjadi panggung pertemuan dua pemain bintang dunia, Paul Pogba dan Lionel Messi. Keduanya diyakini bakal memberikan penampilan menghibur serta mengeluarkan kemampuan terbaik demi meloloskan negaranya ke fase perempat final.

Pogba diyakini bakal menjadi pilihan utama untuk mengisi lini tengah Les Bleus. Meski belum bisa mencetak gol, penampilan Pogba dinilai sangat baik khususnya saat Prancis bertemu Peru dan Australia. Selain menjadi jenderal lapangan tengah, pemain Manchester United itu juga bekerja sebagai penggerak motor serangan yang memudahkan tugas para striker seperti Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, serta Olivier Giroud.

Di sisi lain, Messi sempat dikritik karena penampilan buruknya saat Argentina berjumpa Islandia serta Kroasia. Namun sihir La Pulga akhirnya terlihat ketika Argentina berjumpa Nigeria di laga terakhir babak penyisihan grup D. Messi sukses mencetak gol sekaligus berperan sebagai roh permainan Tim Tango.

Di laga melawan Prancis nanti, Messi diyakini bakal menjadi tumpuan rekan-rekannya. Berbeda dengan Pogba yang tidak harus menjadi ‘aktor utama’ dalam setiap penampilan Prancis.

“Saya siap memberikan segalanya untuk Prancis. Bisakah saya menjadi pemimpin di tim ini? mengapa tidak. Itu sesuatu yang akan datang secara alami. Saat saya menegur pemain lain, itu demi kebaikan tim. Dan saat orang lain yang melakukan itu kepada saya, maka saya akan menerimanya sebab itu demi kebaikan saya sendiri. Intinya semua demi tim,” ujar Pogba yang dikutip dari Reuters.

Sebelumnya kedua pemain pernah bertemu di final Liga Champions musim 2014-2015. Ketika itu Messi yang membela Barcelona sukses mengalahkan Pogba dan pemain Juventus lainnya. Messi berhak mengangkat piala, namun secara pemainan, ia dianggap selevel dengan Pogba yang pelan-pelan menjelma jadi salah satu pemain terfenomenal di dunia.

Saat ini Messi memang lebih unggul dalam raihan trofi Ballon d’Or. Saingan terberatnya hanya Cristiano Ronaldo yanhg tercatat sebagai penggawa Real Madrid serta Timnas Portugal. Namun cerita akan berbeda jika Pogba seumuran dengan keduanya. Gelandang yang gemar gonta-ganti gaya rambut itu diyakini bisa merusak dominasi Ronaldo-Messi dalam persaingan perebutan Ballon d’Or yang mereka kuasai sejak 10 tahun terakhir.

 

Berikut profil singkat kedua pemain:

 

Paul Pogba

Nama Lengkap: Paul Labile Pogba

Lahir: 15 Maret 1993 (usia 25 tahun)

Posisi: Gelandang

Klub: Manchester United

Prestasi:

Juventus – 4 trofi Scudetto, 2 trofi Coppa Italia, 2 Piala Super Italia

Manchester United – 1 Piala Liga Inggris, 1 trofi Liga Europa

Prancis – Juara Piala Dunia U20 (2013)

 

Lionel Messi

Nama Lengkap: Lionel Andres Messi

Lahir: 24 Juni 1987 (usia 31 tahun)

Posisi: Striker

Klub: Barcelona

Prestasi:

Barcelona – 9 trofi La Liga, 6 trofi Copa del Rey, 7 Piala Super Spanyol, 4 trofi Liga Champions, 3 Piala Super Eropa, 3 Piala Dunia Antar Klub

Argentina – Piala Dunia U20 (2005), Medali Emas Olimpiade (2008).

 

(bep/JPC)

  • Bagikan