Menanti Duel Messi vs Ronaldo di Piala Dunia 2018

RAKYATJATENG – Lolosnya Portugal dan Argentina ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 menimbulkan satu pertanyaan: Mungkinkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bersua di partai selanjutnya di Rusia?

Untuk menjawab hal tersebut, keduanya tentu saja harus menang lebih dulu di babak 16 besar yang akan segera dihelat. Argentina harus bertemu Prancis pada Sabtu (30/6) malam besok, sementara Portugal harus berduel dengan Uruguay pada Minggu (1/7) dini hari mendatang.

Melihat Messi dan Ronaldo di fase grup, ada perbedaan mencolok antara penampilan keduanya. Ronaldo begitu cemerlang, sementara Messi harus terseok-seok membawa Argentina lolos ke fase gugur.

Harus diakui, Argentina memang tidak tampil memuaskan di fase grup. Messi cuma bisa mencetak satu gol saat melawan Nigeria, bahkan gagal mengeksekusi penalti saat melawat Islandia.

Sementara, Prancis yang diperkuat para peluru muda yang diprediksi bakal membobol banyak gawang musuh juga tidak tampil sebagaimana yang diharapkan. Walau demikian, pelatih Prancis Didier Deschamps mengaku anak-anaknya bakal bermain berbeda di babak 16 besar.

“Kami sejauh ini sudah mendapatkan apa yang kami mau. Sekarang, kami harus mendaki gunung tinggi di depan kami untuk bisa masuk ke babak berikutnya. Tentu kami ingin menang di babak eliminasi ini,” kata Deschamps seperti dilansir worldfootball.net.

Sementara itu, Ronaldo punya moral yang cukup kuat untuk tampil di babak 16 besar. Ia mengawali Piala Dunia 2018 dengan mencetak hattrick di laga melawan Spanyol, dan satu gol ke gawang Maroko. Meski juga gagal mengeksekusi penalti saat melawan Iran, Ronaldo tetap dipandang lebih unggul dari Messi.

Namun, melawan Uruguay jelas bakal menjadi hal berbeda. Menjadi satu-satunya tim yang tidak kebobolan satu gol pun di fase grup, Ronaldo nampaknya tidak akan semudah itu mencetak gol dari jantung pertahanan Uruguay.

Bek Uruguay Sebastian Coates pun menuturkan bahwa mereka akan menjaga Ronaldo mati-matian. “Kami akan tempel ketat dia seperti kami menempel pemain-pemain dari negara lain,” ujar Coates.

Andai Messi dan Ronaldo mampu membawa negara mereka masing-masing lolos dari babak 16 besar, pertemuan kedua pemain terbaik dunia di era sekarang ini di babak final pun bisa jadi terealisasi.

Ya, jika Portugal dan Argentina bisa mengatasi lawan mereka masing-masing di babak 16 besar, Cristiano Ronaldo bisa bertarung lawan Lionel Messi pada perempat final Piala Dunia 2018. Keduanya hanya terpisah satu laga saja dari pertarungan satu sama lain di perempat final Piala Dunia 2018.

Baik Ronaldo maupun Messi tentu sudah sering bertarung satu sama lain dalam berbagai kesempatan di laga-laga El Clasico di Spanyol sebelumnya, serta beberapa pertandingan persahabatan internasional. Namun, mereka belum pernah saling berhadapan di panggung terbesar ini sebelumnya. Inilah kali pertama mereka bertarung di Piala Dunia. (kar/JPC/gbc)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono