Kalah dari Polandia, Jepang Tetap Lolos ke 16 Besar

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Sorak sorai para pemain Jepang pecah di Volgograd Arena, Kamis (28/6). Walau kalah 0-1 dari Polandia, Samurai Biru sukses menggenggam tiket babak 16 besar.

Dibobol oleh Jan Bednarek di menit 59, anak-anak asuh Akira Nishino tetap menggaransi fase gugur. Mereka patut berterima kasih kepada Kolombia yang sukses menumbangkan Senegal 1-0 lewat gol Yerry Mina di pertandingan grup H yang lain.

Jepang tidak bermain seagresif babak pertama di babak kedua. Memasukkan beberapa penggawa mereka yang dibangkucadangkan di awal pertandingan, Jepang langsung memilih main bertahan dan mengulur-ulur waktu begitu mengetahui Kolombia sukses membobol Senegal.

Polandia, yang sudah resmi angkat koper, juga tidak terlihat ingin berusaha lebih mencetak gol berikutnya setelah melihat Jepang bermain aman hingga peluit panjang berbunyi.

Walau memiliki poin yang sama dengan Senegal yaitu 4 poin, namun Jepang tidak mengoleksi kartu kuning sebanyak Senegal. Jepang diganjar empat kartu kuning di sepanjang fase grup, sementara Senegal enam kartu kuning. Jepang menang poin fair play.

Praktis, Jepang langsung menjadi runner up setelah Kolombia, yang tadinya berada di posisi 3 grup, melejit ke posisi 1 dengan koleksi 6 poin.

Senegal, yang tadinya berada di posisi 2, langsung lengser ke posisi 3. Mereka berada setingkat di atas Polandia yang menjadi juru kunci dengan 3 poin.

Jepang akan menghadapi juara grup G yang akan ditentukan pada Jumat (29/6) dini hari. Status juara grup G sendiri akan diperebutkan antara Belgia dan Inggris yang akan bersua nanti. (kar/JPC)

  • Bagikan