Ini Trik Perawatan Sepeda Motor Pasca Mudik

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG –Setelah melakukan perjalanan jauh pulang ke kampung halaman saat libur Lebaran, ada baiknya untuk tetap memperhatikan performa sepeda motor.

Asri Winardi, Technical Service Supervisor Astra Motor Jateng menjelaskan pentingnya mengecek kembali komponen-komponen yang ada di sepeda motor pasca mudik untuk mengembalikan performa motor.

“Beberapa komponen perlu dicek karena terjadi perubahan saat digunakan untuk perjalanan jauh, pastikan komponen tersebut dalam keadaan baik sebelum motor digunakan untuk beraktivitas kembali,” terang Asri.

Menurut Asri, inilah komponen sepeda motor yang perlu diperhatikan setelah digunakan untuk mudik:

1. Rem

Periksa kembali kinerja rem depan dan rem belakang dan pastikan dalam kondisi baik untuk keamanan pengendara.

2. Rantai atau V-Belt

Setelah sepeda motor dipakai jarak jauh biasanya akan ada keausan dan kotoran pada rantai atau V-Belt. Sehingga ada baiknya untuk rantai atau V-belt diperiksa, disetel, dan dibersihkan kembali untuk memastikan sepeda motor dalam kondisi prima.

3. Ban

Pastikan bahwa ketebalan ban masih dalam batas toleransi, apabila sudah melewati tanda batas keausan sebainya dilakukan penggantian untuk menjaga kestabilan mengemudi sepeda motor.

4. Karburator atau Injector

Sistem bahan bakar juga wajib diperiksa. Ada kemungkinan setelah dipakai perjalanan jauh settingan karburator akan berubah atau ada penumpukan kotoran di sistem Injeksi. Hal ini wajib disetting ulang dan dibersihkan untuk efektifitas dan efisiensi sistem bahan bakar Sepeda Motor.

5. Kelistrikan

Selalu periksa sistem kelistrikan, lampu depan, lampu rem dan lampu sign pastikan semuanya berfungsi secara normal.

6. Oli mesin

Walaupun rekomendasi dari pabrikan untuk mengganti oli pada kilometer 2.000 – 4.000, namun mengganti oli mesin setelah digunakan untuk berkendara jauh adalah hal yang dapat dilakukan untuk menjaga mesin tetap prima dan mencegah terjadinya kerusakan pada komponen mesin.

Untuk memastikan semuanya sesuai dengan standar pabrikan, selalu percayakan perawatan berkala sepeda motor Honda di jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Lebihnya, terdapat promo menarik dari seluruh AHASS yang berada di Kab. Pekalongan, Pemalang, Tegal, dan Brebes.

Promo berupadirect gift* ini berlaku untuk konsumen yang melakukan servis dan ganti oli di bulan Juli (periode promo 1 – 30 Juli 2018). Hadiah akan diberikan dengan pengundian setiap dua hari sekali kepada konsumen yang beruntung.

“Program servis pasca mudik berhadiah menarik ini kita berikan kepada konsumen setia honda untuk memberikan edukasi pentingnya melakukan servis dan perawatan pada sepeda motor, tidak hanya pada sebelum mudik, namun juga setelah dipakai berkendara jauh saat mudik,” tutup Asri. (sen/yon)

  • Bagikan