Hasil Quick Count LKPI, Ganjar Hanya Menang Tipis Sekali dari Sudirman Said

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATJATENG – Quick count Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) di Pilkada Jawa Tengah cukup mengejutkan dan berbeda dengan hasil hitung cepat dua lembaga sebelumnya.

Pasalnya pasangan Ganjar Pranowo – Taj Yasin unggul sangat tipis dari pesaingnya Sudirman Said Ida Fauziah.

Dalam rilis elektronik LKPI tentang hasil quick count Pilkada Jateng yang diterima JPNN, Rabu (27/6) malam, hasil yang diperoleh dari 2.890 TPS menunjukkan persaingan yang sangat ketat.

Di mana hasilnya menyatakan pasangan Ganjar Pranowo – Taj Yasin memperoleh suara sebesar 50,02 persen. Sementara Sudirman Said – Ida Fauziah meraih suara sebesar 49,98 persen. Selisihnya tipis sekali.

Lewat rilis itu Direktur Eksekutif LKPI Arifin Nur Cahyo menyebut dana yang masuk sudah mencapai 100 persen dan margin of error +/- 1,6 persen. Dia beralasan tipisnya perbedaan terjadi karena lembaganya lebih banyak menghimpun data dari TPS di desa-desa di Jateng.

‘Itu data yang masuk terkahir dari wilayah desa. Jumlah pemilihnya kan enggak beda jauh antara desa sama kota,” jelas Arifin menjawab JPNN, beberapa saat lalu.

Data yang dirilis LKPI berbeda cukup jauh dengan yang dirilis dua lembaga, yakni LSI Denny JA dan Indo Barometer.

Hasil survei cepat Indo Barometer sebagaimana dikutip dari quickcount.tempo, menyatakan Ganjar-Taj meraih 56,74 persen suara. Sedangkan Sudirman-Ida 43,26 persen. Hasil ini merupakan suara yang masuk sudah 100 persen.

Sedangkan hasil hitung cepat LSI Denny JA juga menempatkan Ganjar-Taj menjadi juara meski suara yang masuk baru 98,25 persen. Ganjar-Taj memeroleh 58,26 persen. Sudirman-Ida 41,74 persen.(fat/jpnn)

  • Bagikan