Kabar Gembira! Harga Tiket KA Ekonomi Turun

  • Bagikan

SURABAYA, RAKYATJATENG – Ada kabar baik bagi pengguna kereta api (KA) kelas ekonomi. Mulai 1 Juli mendatang, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyesuaikan tarif kereta ekonomi. Masyarakat dapat menikmati harga yang lebih murah. Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 31 Tahun 2018 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko mengatakan, pemberlakuan tarif parsial itu merupakan bentuk penyesuaian terhadap jarak tempuh kereta api (KA). Pada peraturan sebelumnya, yakni Permenhub No 113 Tahun 2017, penumpang diharuskan membayar dengan tarif flat.

Permenhub baru menerapkan tarif parsial. “Misalnya, untuk perjalanan dengan KA Logawa dari Stasiun Purwokerto ke Stasiun Surabaya Gubeng dengan jarak kurang dari 502 km, sebelum 1 Juli tarifnya Rp 74.000. Namun, setelah 1 Juli penumpang hanya membayar Rp 70.000,” tuturnya kemarin (26/6).

Penyesuaian tarif juga diberlakukan di wilayah Daop 1 Jakarta. Ada enam KA yang mengalami penurunan tarif. Seluruhnya berangkat dari Stasiun Pasar Senen. Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo mencontohkan tarif KA Serayu dengan rute Stasiun Pasar Senen-Stasiun Tasikmalaya. Sebelum 1 Juli, diberlakukan tarif Rp 67.000. “Nantinya, per 1 Juli, karena kurang dari 332 km, penumpang hanya membayar Rp 63.000,” terang dia.

Edy menjelaskan, penumpang yang telah membeli tiket KA dengan tarif yang lebih tinggi daripada tarif public service obligation (PSO) yang sudah disesuaikan berhak atas pengembalian biaya.

“Alur pengembalian bea dilakukan di stasiun tujuan penumpang dengan cara menyerahkan boarding pass kepada petugas loket. Apabila bukti transaksi berupa e-boarding, silakan diperlihatkan kepada petugas loket untuk diverifikasi,” papar Edy kemarin.

Dia menambahkan, penyesuaian tarif itu diharapkan semakin memudahkan masyarakat yang bepergian dengan KA ekonomi bersubsidi. Edy menjamin penyesuaian tarif tersebut tidak mengurangi pelayanan sedikit pun.

“Saat ini pembelian tiket sudah bisa dilakukan secara sistem online sehingga para pelanggan tidak perlu repot ke stasiun untuk membeli tiket. Cukup menggunakan perangkat elektronik atau gadget, para pelanggan sudah bisa memesan tiket,” imbuhnya. (lyn/c11/agm)

  • Bagikan