Hasil Imbang, Perancis Ajak Denmark ke 16 Besar

RAKYATJATENG – Prancis tampil kurang menggigit, ompong dan menjemukan dalam bentrok lawan Denmark. Pertandingan yang berlangsung di Luzhniki Stadium, Selasa (26/6) malam ini berakhir dengan skor imbang 0-0. Prancis dan Denmar akhirnya sama-sama lolos ke babak 16 besar.

Tempo pertandingan berjalan landai pada 10 menit awal babak pertama. Walaupun saling menyerang, tak ada satupun peluang emas yang dikreasi kedua tim. Belum tampak kontribusi signifikan dari Christian Eriksen maupun Antoine Griezmann.

Kesempatan pertama untuk Prancis baru tercipta pada menit ke-15. Akan tetapi sepakan kaki kiri Olivier Giroud dari dalam kotak penalti berhasil ditepis Kasper Schmeichel, penjaga gawang Denmark.

Pertandingan mulai berjalan dengan tempo lebih cepat selepas menit ke-15. Prancis sedikit lebih unggul dalam penguasaan bola. Denmark belum memiliki satupun tembakan ke gawang Perancis hingga setengah jam pertandingan berjalan.

Bintang FC Barcelona Ousmane Dembele melepaskan sebuah tembakan keras dari luar kotak penalti Denmark pada menit ke-32. Sayangnya Dembele gagal mengarahkannya ke gawang Denmark. Bola melenceng ke kanan gawang.

Tujuh menit berselang giliran Griezmann yang mencoba peruntungan. Namun tendangannya berhasil dimentahkan Schmeichel. Tembakan itu adalah peluang perdana Griezmann di laga ini.

Giroud mendapatkan peluang emas pada menit ke-43. Sayang tendangan striker Chelsea ini tidak mengarah ke gawang. Percobaan kedua dilakukan Dembele menit ke-45. Kali ini sepakannya hampir menyentuh atap stadion. Skor 0-0 menutup paruh pertama.

Seperti halnya paruh pertama, Les Bleus bermain santai pada awal babak kedua. Griezmann mengawalinya dengan sebuah kans yang bisa digagalkan kiper Schmeichel pada menit ke-51.

Denmark membalas melalui free kick Eriksen pada menit ke-54. Bola meluncur deras ke gawang Prancis. Hanya saja peluang itu sukses diamankan kiper kawakan Steve Mandanda. Eriksen kembali melepaskan tendangan voli pada menit ke-59. Namun arah bola masih melebar ke kanan gawang.

Walaupun baru semenit merumput Nabil Fekir langsung menebar ancaman ke gawang Denmark. Apes, tendangannya pada menit ke-69 masih melebar.

Kesempatan untuk Prancis kembali hadir lewat sundulan Giroud memaksimalkan umpan Thomas Lemar menit ke-74. Hanya saja arah bola tidak tepat ke sasaran. Belum ada satu gol pun hingga sepuluh menit akhir babak kedua.

Fekir kembali mengacam gawang Denmark pada menit ke-82. Lagi-lagi peluangnya berhasil digagalkan Schmeichel. Kylian Mbappe membahayakan gawang Denmark di masa injury time. Namun pergerakannya berhasil digagalkan bek Denmark.

Tak ada gol yang tercipta hingga pertandingan ini berakhir. Denmark dan Prancis bermain sama kuat 0-0. Hasil pertandingan ini membuat Denmark menemani Prancis lolos ke babak 16 besar.

Susunan Pemain

Denmark (4-2-3-1): 1-Kasper Schmeichel, 4-Simon Kjaer, 6-Andreas Christensen, 13-Mathias Jorgensen, 14-Henrik Dalsgaard, 17-Jens Stryger, 8-Thomas Delaney (18-Lukas Lerager 90’), 10-Christian Eriksen, 11-Martin Braithwaite, 21-Andreas Cornelius (12-Kasper Dolberg 75’), 23-Pione Sisto (15-Viktor Fischer 60’)
Pelatih: Age Hareide

Perancis (4-2-3-1): 16-Steve Mandanda, 3-Presnel Kimpembe, 4-Raphael Varane, 19-Djibril Sidibe, 21-Lucas Hernandez (22-Benjamin Mendy 50’), 13-N’Golo Kante, 15-Steven Nzonzi, 7-Antoine Griezmann (18-Nabil Fekir 68’), 8-Thomas Lemar, 9-Olivier Giroud, 11-Ousmane Dembélé (10-Kylian Mbappe 78’)
Pelatih: Didier Deschamps

Wasit: Sandro Ricci (Brasil)

(saf/JPC)