Prediksi Nigeria vs Argentina: Messi, Kemenangan Saja Tak Cukup!

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Final! Tajuk yang tepat untuk menggambarkan duel Argentina kontra Nigeria di laga terakhir fase Grup D Piala Dunia 2018. Ya, bagi La Albiceleste, laga yang digelar di Saint Petersburg Stadium, Rabu (27/6) dini hari WIB, ibarat laga final. Kemenangan menjadi harga mati demi tiket babak 16-besar.

Hanya saja, kemenangan saja tak cukup. Tim asuhan Jorge Sampaoli itu harus berusaha untuk bisa mencetak sebanyak-banyaknya gol ke gawang Nigeria. Ini untuk mengantisipasi seandainya pada saat bersamaan Islandia juga mampu mengalahkan Kroasia. Dengan poin yang sama, selisih gol akan menentukan tim yang akan mendampingi Kroasia lolos dari Grup D.

Paling sederhana adalah Argentina menang atas Nigeria, tak peduli berapa gol yang dicetak. Namun, dengan syarat, Argentina berharap Islandia gagal menang saat bersua Kroasia. Andai skenario ini terjadi, Argentina juga akan melaju tanpa harus hitung-hitungan selisih gol atau jumlah gol.

Pastinya, kemenangan atas Nigeria adalah harga mati. Meski, itu tak cukup lantaran harus tergantung laga Islandia kontra Kroasia pada saat bersamaan. Toh, dalam pikiran Lionel Messi cs wajib ditanamkan bahwa laga nanti harus diakhiri dengan kemenangan. Seri apalagi kalah, La Albiceleste akan mengucapkan selamat tinggal Rusia.

Pelatih Argentina, Jorge Sampaoli, menegaskan bahwa laga nanti adalah final. Bahkan, dia menyebut Tim Tango memiliki lima laga final ke depan dan harus dimenangkan. Artinya, Sampaoli masih yakin Argentina bisa terus melaju dan bahkan sampai partai puncak.

Sampaoli ingin semua pemain bermain untuk Messi. Maklum saja, ini bisa menjadi Piala Dunia terakhir bagi Messi. Berdasar itu, Sampaoli berharap Messi bisa mengangkat trofi untuk melengkapi pencapaian selama ini. Ya, Messi hanya kurang trofi bersama Timnas Argentina.

“Kami harus bermain dengan hati yang kuat, mental yang tangguh, untuk membuat Argentina aman di Piala Dunia ini. Langkah Argentina di Piala Dunia 2018 sejatinya dimulai melawan Nigeria,” sebut Sampaoli seperti dilansir laman resmi FIFA.

“Kami memiliki 5 laga untuk mencapai partai puncak. Laga melawan nigeria merupakan final pertama. Tak masalah siapa yang akan bermain, Argentina harus meraih kemenangan. Kami tak memiliki pilihan lain, dan saya yakin para pemain akan melewatinya. Mereka akan bermain sebaik mungkin demi nama besar Argentina,” imbuh Sampaoli.

Sampaoli kemungkinan besar akan melakukan perbahan komposisi pemain dan strategi. Saat kalah 0-3 dari Kroasia, dia memakai skema 3-4-3. Tapi, taktik itu tak berjalan dan justru menghadirkan kekalahan. Kini, Sampaoli akan menerapkan startegi 4-4-2 dengan memasang Messi dan Gonzalo Higuain di depan. Angel Di Maria dan Ever Banega juga akan dimainkan sebagai starter. Posisi kiper kemungkinan besar akan diberikan kepada Franco Armani setelah Willy Caballero melakukan blunder saat melawan Kroasia.

La Albiceleste memiliki kans untuk meraih kemenangan. Memang, pada laga terakhir mereka kalah 2-4 dari Nigeria dalam pemanasan jelang Piala Dunia 2018. Kala itu, Argentina sempat unggul 2-0 terlebih dahulu. Namun, dalam sejarah pertemuan di Piala Dunia, Argentina selalu menang atas Nigeria. Semua terjadi di fase grup. Di Piala Dunia 1994 Argentina menang 2-1, di Piala Dunia 2002 menang 1-0, di Piala Dunia 2010 menang 1-0, dan terakhir di Piala Dunia 2014 menang 3-2.

Sementara itu, Nigeria juga memiliki tekad sama untuk meraih kemenangan demi memastikan tiket babak 16-besar. Langkah Nigeria lebih ringan. Mereka cukup menang saja tanpa harus memedulikan jumlah gol. Tapi, andai seri, mereka tetap berpeluang lolos dengan syarat Islandia dan Kroasia tanpa pemenang atau Islandia kalah. Andai Islandia menang atas Kroasia, diharapkan tak lebih dari satu gol.

Pelatih Gernot Rohr menyadari bahwa Nigeria memiliki tren buruk saat bertemu Argentina di Piala Dunia yakni selalu kalah. Namun, dia yakin kali ini Nigeria bisa memupus tren buruk tersebut. “Tren buruk akan berakhir,” tegas Gernot Rohr.

Nigeria disebut Rohr juga tak akan memberikan ‘kebaikan’ untuk Messi yang mungkin akan menjadi Piala Dunia terakhirnya. Mereka tak akan membiarkan Argentina meraih kemenangan demi Messi. Bagi Rohr, Nigeria datang ke Rusia bukan untuk menyaksikan Messi bermain, melainkan meraih prestasi terbaik.

“Kami ke Rusia bukan untuk melihat Messi bermain. Kami akan membuat hasil terbaik dan kami profesional. Kami bermain untuk kehormatan Nigeria. Ingat, sepak bola tanpa pengampunan dan tanpa belas kasihan. Semua ingin kemenangan dan kami tak bisa memberikan itu percuma kepada lawan,” tegas Rohr.

Berdasar itu, Argentina dipastikan tak akan mudah meraih kemenangan. Nigeria bakal ngotot untuk mendapatkan kemenangan juga. Laga seru bakal tersaji di Saint Petersburg.

 

Rekor Pertemuan

Total Main: 8

Nigeria Menang: 2

Argentina Menang: 5

Seri: 1

 

5 Pertemuan Terakhir

14/11/2017 Argentina 2-4 Nigeria

25/06/2014 Nigeria 2-3 Argentina

06/09/2011 Argentina 3-1 Nigeria

02/06/2011 Nigeria 4-1 Argentina

12/06/2010 Argentina 1-0 Nigeria

 

5 Laga Terakhir Nigeria

22/06/2018 Nigeria 2-0 Islandia

17/06/2018 Kroasia 2-0 Nigeria

06/06/2018 Nigeria 0-1 Rep Ceko

02/06/2018 Inggris 2-1 Nigeria

28/05/2018 Nigeria 1-1 Kongo

 

5 Laga Terakhir Argentina

22/06/2018 Argentina 0-3 Kroasia

16/06/2018 Argentina 1-1 Islandia

30/05/2018 Argentina 4-0 Haiti

28/03/2018 Spanyol 6-1 Argentina

24/03/2018 Argentina 2-0 Italia

 

Perkiraan Susunan Pemain

Nigeria (3-5-2): Francis Uzoho; Kenneth Omeruo, William Ekong, Leon Balogun; Tyronne Ebuehi, Wilfred Ndidi, John Obi Mikel, Oghenekaro Etebo, Victor Moses; Kelechi Iheanacho, Ahmed Musa

Pelatih: Gernot Rohr

 

Argentina (4-4-2): Franco Armani; Eduardo Salvio, Gabriel Mercado, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Ever Banega, Javier Mascherano, Enzo Perez, Angel Di Maria; Lionel Messi, Gonzalo Higuain

Pelatih: Jorge Sampaoli

 

Stadion: Saint Petersburg (Krestovsky)

Wasit: Cuneyt Cakir (Turki)

Live TV: Rabu (27/6), 01:00 WIB, Trans TV

 

Prediksi:

Nigeria Menang: 34%

Argentina Menang: 37%

Seri: 29%

 

(epr/JPC)

  • Bagikan