Prediksi Jepang vs Senegal: Waspadai Pasukan Singa-singa Teranga

  • Bagikan
Japan's forward Yuya Osako (2ndR) celebrates with teammates after scoring a goal during the Russia 2018 World Cup Group H football match between Colombia and Japan at the Mordovia Arena in Saransk on June 19, 2018. (Photo by Jack GUEZ / AFP) / RESTRICTED TO EDITORIAL USE - NO MOBILE PUSH ALERTS/DOWNLOADS (Photo credit should read JACK GUEZ/AFP/Getty Images)

RAKYATJATENG – Penampilan gemilang ditunjukkan Jepang dan Senegal di laga pertama Grup H. Berstatus bukan tim unggulan dibanding Kolombia, Jepang justru muncul sebagai tim Asia pertama yang mampu menaklukkan tim asal Amerika Selatan tersebut.

Begitu pula dengan Senegal. Kembali tampil di Piala Dunia setelah 16 tahun absen, Senegal tak banyak diunggulkan saat bertemu Polandia. Hasilnya, Singa-singa Teranga yang berhak menepuk dada mereka di akhir pertandingan.

Kini, keduanya dipertemukan di Stadion Ekaterinburg Arena, Minggu (24/6) malam. Pemenang laga ini dipastikan bakal meraih tiket ke babak 16 besar. Target yang rasanya masih akan terus dikejar. Terutama oleh Senegal yang ingin mengulang sukses mereka di Piala Dunia 2002.

Kubu Jepang sudah mewaspadai ambisi pasukan Singa-singa Teranga ini. Pelatih Akira Nishino sudah menyiapkan strategi berbeda dengan yang diterapkan ketika melawan Kolombia. Terutama untuk mengantisipasi keunggulan fisik yang dimiliki skuad Senegal.

“Ketika ada banyak kontak fisik, kami akan mengalami kesulitan. Karena itu kami akan melakukan banyak variasi dan kemudian memanfaatkan kecepatan yang kami miliki. Kami harus banyak mengumpan dengan baik,” ucapa Nishino kepada Skysports.

Secara khusus Nishino mencemaskan sosok kapten tim Senegal, Sadio Mane. Kualitas penyerang Liverpool ini tak perlu diragukan lagi dan bisa memberi ancaman serius terhadap pertahanan Jepang.

“Masih memungkinkan untuk menghentikan dia (Mane). Tapi dia bisa mempengaruhi permainan rekan-rekannya. Itulah yang jadi perhatian kami,” imbuh Nishino.

Dia menambahkan,”Titik lemah Senegal? Saya belum bisa mengetahuinya secara pasti saat ini. Namun daripada meladeni permainan fisik, lebih baik baik menggunakan otak untuk menjalankan taktik dan strategi dengan baik.”

Di sisi lain, kubu Senegal cukup menyadari kualitas individu skuad Samurai Biru. Pelatih Aliou Cisse menilai laga nanti malam akan lebih sulit bagi Sadio Mane dan kolega.

“Mereka (Jepang) tahu bagaimana menekan pemain lawan yang tengah menguasai bola, jadi kami harus lebih kuat (saat menguasai bola). Kami juga punya pemain dengan kualitas individu di atas rata-rata, dan kami akan membuktikannya,” jelas Cisse di channelnewsasia.com.

Cisse tak membantah kalau skuadnya bakal mengandalkan kekuatan fisik untuk meladeni Jepang. Namun, dia juga tetap memastikan pasukan Singa-singa Teranga akan tetap menunjukkan kualitas skill yang apik.

“Kualitas fisik dari Senegal bertemu kualitas teknik milik Jepang…Saya tidak akan menjelaskannya lebih banyak. Mari kita lihat di lapangan,” pungkas pelatih 42 tahun tersebut.

Apapun kelebihan Jepang dalam soal teknik, maupun Senegal dalam segi fisik tak ada artinya jika tak menggunakan otak secara benar. Karena permainan yang cerdas bisa mengeliminasi semua kelebihan yang dimiliki lawan. Tim yang bermain lebih cerdas yang bisa mengakhiri pertandingan dengan hasil lebih baik.

 

5 Pertandingan Terakhir Jepang

19/06/18: Kolombia 1-2 Jepang

12/06/18: Jepang 4-2 Paraguay

09/06/18: Swiss 2-0 Jepang

30/05/18: Jepang 0-2 Ghana

27/03/18: Jepang 1-2 Ukraina

 

5 Pertandingan Terakhir Senegal

09/06/18: Polandia 1-2 Senegal

11/06/18: Senegal 2-0 Korea Selatan

08/06/18: Kroasia 2-1 Senegal

01/06/18: Luksemburg 0-0 Senegal

28/03/18: Senegal 0-0 Bosnia-Herzegovina

 

Perkiraan Susunan Pemain

Jepang (4-2-3-1): Eiji Kawashima; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Gen Shoji, Yuto Nagatomo; Makoto Hasebe, Gaku Shibasaki, Genki Haraguchi, Shinji Kagawa, Takashi Inui; Yuya Osako

Pelatih: Akira Nishino

 

Senegal (4-4-2): Khadim Ndiaye; Moussa Wague, Salif Sane, Kalidou Koulibaly, Lamine Gassama; Ismaila Sarr, Alfred Ndiaye, Idrissa Gane Gueye, Sadio Mane; Mame Diouf, Mbaye Niang

Pelatih: Aliou Cisse

 

Wasit: Gianluca Rocchi (Italia)

Stadion: Ekaterinburg Arena, Ekaterinburg

 

Prediksi:

Jepang menang: 45%

Senegal menang: 50%

Seri: 5%

 

(adw/JPC)

  • Bagikan