Serbia vs Brasil Jadi Duel Hidup Mati, Ini Klasemen Sementara Grup E

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Kekalahan 1-2 dari Swiss pada Sabtu (23/6) dini hari WIB membuat asa Serbia untuk lolos ke babak 16 besar kembali menyempit. Demi tiket ke babak gugur, Serbia harus melalui duel hidup dan mati melawan juara dunia lima kali, Brasil, pada laga pamungkas grup E Piala Dunia 2018, Kamis (28/6) dini hari WIB.

Serbia sejatinya menjadi tim paling diunggulkan untuk lolos setelah matchday pertama. Pasalnya, di grup E baru Serbia yang meraih poin sempurna hasil kemenangan 1-0 atas Kosta Rika. Sementara, Brasil dan Swiss berbagi skor imbang pada waktu yang sama.

Ditambah lagi, pada matchday kedua melawan Swiss di Kaliningrad Stadium, Serbia sanggup unggul cepat pada menit kelima melalui gol Aleksandar Mitrovic. Akan tetapi, nyatanya gol cepat itu tak menjamin tiga poin untuk Serbia.

Swiss yang mendominasi penguasaan bola sepanjang laga, sanggup comeback dengan mencetak dua gol balasan pada paruh kedua. Gol pertama Swiss dilesakkan Granit Xhaka pada menit ke-52. Sedangkan penentu kemenangan adalah gol Xherdan Shaqiri jelang laga bubar.

Dengan hasil itu, Swiss memanaskan persaingan untuk lolos ke babak 16 besar dari Grup E. Saat ini tim asuhan Vladimir Petkovic menempati peringkat kedua dengan 4 poin. Mereka cuma kalah selisih gol dari pemuncak klasemen, Brasil, yang baru saja menang 2-0 atas Kosta Rika.

Serbia, yang sempat bertengger di puncak klasemen, selepas matchday kedua terpaksa lengser ke urutan ketiga. Mereka belum beranjak dari tiga poin hasil satu kemenangan dan sekali kalah. Dengan begitu, asa mereka untuk lolos hanya dengan cara mengalahkan Brasil pada laga terakhir.

Serbia dipastikan gagal lolos andai gagal menang lawan Brasil, sedangkan pada saat bersamaan Swiss unggul atau seri lawan Kosta Rika. Dengan begitu, persaingan tiga tim itu akan ditentukan pada laga pamungkas. Sementara, Kosta Rika sudah dipastikan angkat koper.

Jadwal Matchday 3 Grup E:

– Serbia vs Brasil, Kamis (28/6) pukul 01:00 WIB
– Swiss vs Kosta Rika, Kamis (28/6) pukul 01:00 WIB

(ira/JPC)

  • Bagikan