Festival Perahu Naga Diwarnai Wisata Susur Sungai Silugonggo

PATI, RAKYATJATENG – Festival Perahu Naga rutin diselenggarakan pascalebaran di Desa Kedung Pancing, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Kegiatan tahunan itu rencananya akan disulap menjadi wisata susur sungai Silugonggo menggunakan perahu naga. Rencananya, wisata itu diaktifkan Juli mendatang dengan tiga perahu dari anggaran bumdes setempat.

Kepala Desa Kedung Pancing, Juwana, Didik Narwadi menyampaikan, Sungai Silugonggo merupakan salah satu potensi yang dapat dimanfaatkan. Terlebih, tiap tahunnya diselenggarakan Festival Perahu Naga yang diikuti peserta dari berbagai daerah.

“Selama ini Festival Perahu Naga diselenggarakan sebagai tradisi warga yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan sebagai sujud syukur atas rezeki yang didapatkan. Festival itu diselenggarakan sebelum sepekan setelah syawalan,” tuturnya kemarin.

Didik menambahkan, warga kini tidak hanya dapat menikmati festival yang diselenggarakan satu tahun sekali. Sebab mulai pekan depan, pemdes setempat menggagas wisata susur Sungai Silugonggo menggunakan perahu naga. Saat ini pemdes sudah mendatangkan tiga perahu naga yang dianggarkan dari alokasi bumdes.

“Kami baru saja membeli tiga perahu naga, satu unitnya Rp 40 juta yang didatangkan dari Cilacap. Perahu itu dibuat dari bahan fiber. Ketiga perahu naga itu sudah diuji coba dalam Festival Perahu Naga dan dijadikan aset desa untuk wisata susur Sungai Silugonggo atau Sungai Juwana,” imbuhnya.

Menurutnya, ke depan perahu naga tersebut disewakan untuk trayek wisata susur Sungai Silugonggo dari Desa Kedung Pancing sampai Jembatan Sampang. Tapi rute itu bisa kondisional. Di perahu itu, pengunjung akan diajak menyusuri sungai dengan dipandu seorang nahkoda. Tak hanya itu, pengunjung mendapatkan hiburan musik dari pemuda karang taruna desa setempat.

“Rencana biaya sewa Rp 200-Rp 300 ribu untuk 10 orang. Uang sewa itu sudah termasuk snack dan minuman kerjasama dengan warung di sepanjang sungai. Semoga dengan wisata itu, dapat menambah perekonomian bagi desa dan warga,” katanya. (ks/put/him/top/JPR/JPC)