Libur Lebaran, Pengunjung Semarang Zoo Membludak

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Libur Lebaran berdampak pada kunjungan wisata. Salah satunya di Taman Marga Satwa Mangkang atau Semarang Zoo. Memasuki hari kedua Lebaran, pengunjung kebun binatang di Kota Lumpia itu membludak.

Dari pantauan JawaPos.com di lapangan, Sabtu (16/6), Semarang Zoo ramai diserbu masyarakat. Banyak dari mereka yang mengajak kerabat seperti anak dan orang tua.

Sugiyo, 47, misalnya.Pemudik asal Jakarta itu mengungkapkan, dirinya sengaja menghabiskan waktu dengan keluarga dengan berwisata di Kebun Binatang Mangkang. Tujuannya untuk santai sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke sanak keluarga yang ada di Batang.

“Memang sengaja mampir. Sekalian istirahat dan bersantai. Soalnya habis ini masih lanjut perjalanan ke Batang dari Pati. Anak-anak juga bisa diberikan edukasi tentang fauna. Jadi pengetahuan mereka bisa bertambah,” katanya.

Pihak pengelola kebun binatang sendiri telah mempersiapkan fasiltas bagi para wisatawan. Tak sekadar memamerkan satwa. Namun ada pula hiburan lain. Seperti panggung hiburan musik dangdut, kuliner dan barongsai.

Direktur PT Taman Satwa Semarang Samsul Bahri Siregar mengatakan, banyak wahana yang disediakan untuk pengunjung. Tapi yang paling banyak diminati adalah wahana becak air, water boom, naik gajah dan out bond.

Jumat (15/6) kemarin, tercatat ada sebanyak 4.000 pengunjung yang datang. Jumlah tersebut dua kali lipat dibanding hari biasa. “Kenaikan pengunjung cukup pesat. Apalagi di hari kedua Lebaran,” imbuhnya.

Di hari kedua Lebaran hingga pukul 13.00 WIB, tercatat ada 10.000 pengunjung. Jumlah tersebut diprediksi naik hingga 14 ribu pengunjung. “Prediksinya akan ramai pada Minggu (16/6) besok akan sampai 20 ribuan pengunjung. Selain itu pada H+7, angka juga akan sama,” paparnya.

Pihak pengelola Semarang Zoo juga telah mengantisipasi ramainya kunjungan. Seperti menyediakan petugas kesehatan, petugas keamanan dan petugas kebersihan.

Selama libur Lebaran, harga tiket Semarang Zoo naik menjadi Rp 15 ribu. Namun hal tersebut tak menyurutkan animo pengunjung. Selama musim Libur Lebaran diperkirakan jumlah pengunjung mencapai 100 ribu orang. “Target pendapatan kami Rp 3 miliar,” tandasnya.

(gul/JPC)

  • Bagikan