Ini Jadwal Operasi Pasar Daging Ayam di Solo dan Boyolali

  • Bagikan

SOLO, RAKYATJATENG – Kementerian Perdagangan (Kemendag), Pemkot Solo, Pinsar Jateng, integrator ayam dan peternak mandiri akan mengadakan operasi pasar daging ayam. Hal ini dilakukan untuk menekan harga ayam yang sebelumnya mengalami kenaikan signifikan hingga mencapai Rp 46 ribu per kilogram.

Operasi pasar rencananya akan diadakan mulai Senin (11/6) serentak di enam pasar di Solo dan Boyolali.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Subagiyo menerangkan, untuk operasi pasar di Solo diantaranya diadakan di Pasar Semanggi mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Kemudian di Pasar Gede mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB.

“Lalu diadakan juga di Pasar Legi. Untuk di Pasar Legi diadakan dua kali yakni pagi dan sore hari. Untuk pagi mulai pukul 05.00 WIB-12.00 WIB, sedangkan yang sore mulai pukul 16.00 WIB-22.00 WIB,” ungkapnya, Minggu (10/6).

Kemudian, lanjut Subagiyo, operasi pasar juga diadakan di Pasar Jongke mulai pukul 04.00 WIB-12.00 WIB. Selain di Solo, operasi pasar juga diadakan di dua pasar di Boyolali, yakni pasar Ngemplak pukul 05.00 WIB-12.00 WIB dan Pasar Boyolali Kota mulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Ditanya mengenai pasokan daging ayam yang akan disediakan saat operasi pasar, Subagiyo mengatakan, sesuai dengan kebutuhan masyarakat tanpa menyebut jumlah rincinya.

Dalam kesempatan yang sama, Staf Khusus Mendag Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana mengatakan, untuk operasi pasar nantinya tidak hanya menyediakan daging ayam segar tetapi juga daging ayam beku.

Menurutnya, daging beku juga tidak kalah kualitasnya dengan daging segar. Sebaliknya, untuk tingkat higienisnya, daging beku justru lebih baik.

“Untuk operasi pasar ini tidak ada subsidi dari pemerintah, melainkan atas kesadaran dan kerelaan para peternak dan pihak terkait,” katanya.

Eva menambahkan, untuk harga ayam saat operasi pasar yakni Rp 33 ribu per kilogram untuk ayam segar. Sedangkan untuk daging ayam beku harganya Rp 30 ribu. Tetapi untuk setiap pembeli akan dibatasi maksimal 3 kilogram saja. “Selain ke pengecer, kami juga menggandeng pedagang ayam di pasar,” tandasnya. (JPC)

  • Bagikan