Pejabat Eselon Pemkab Pati Gunakan THR untuk Zakat

  • Bagikan

PATI, RAKYATJATENG– Bupati Pati Haryanto mengajak sebanyak 23 pejabat eselon II Kabupaten Pati mendatangi Kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pati kemarin. Mereka menyerahkan sebagian tunjangan hari raya (THR) untuk zakat dan infak. Wakil Bupati Saiful Arifin juga terlihat hadir dalam kesempatan tersebut.

Haryanto memberikan motivasi khususnya kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menyalurkan sebagian THR untuk zakat maupun infak. Diharapkan, penyaluran zakat dan infak ke Baznas supaya lebih bermanfaat dan berkah.

”Aparatur sipil negara (ASN) di Pati gaji ke-13 dan gaji ke-14 utuh tanpa ada potongan. Supaya lebih bermanfaat, marilah salurkan sebagiannya untuk zakat dan infak. Selama ini Baznas Pati sudah mengelola dan menyalurkan kepada yang membutuhkan,” ujar Bupati Haryanto.

Tiap bulan, pemkab memotong lima persen tunjangan penghasilan pegawai (TPP) ASN untuk disalurkan ke Baznas Pati. Dana tersebut kembali ke masyarakat melalui berbagai kegiatan. Contohnya, bedah rumah tak layak huni.

Ketua Baznas Imam Zarkasi didampingi Wakil Ketua Bidang Pengumpulan Zakat Infak Shadaqah Sutaji mengapresiasi penyerahan zakat dan infak oleh pejabat pemkab. Pihaknya akan menampung dan menyalurkan kepada warga yang membutuhkan.

”Hingga Mei 2018 ini, jumlah dana yang terkumpul sebesar Rp 3,54 miliar. Sementara itu penyaluran zakat hingga Mei 2018 mencapai sekitar Rp 1,96 miliar,” ungkapnya kemarin. (JPC)

  • Bagikan