Dirut PT KAI Pantau Arus Mudik di Stasiun Tawang Semarang

SEMARANG, RAKYATJATENG – Dirut PT KAI , Edi Sukmoro berserta rombongan melaksanakan peninjauan kondisi angkutan penumpang dari Stasiun Cirebon hingga Stasiun Semarang Tawang, dengan menggunakan kereta khusus inspeksi, Jumat (8/6).

Hari ini (H-7) merupakan awal dari mulai ramainya arus mudik dari arah Barat ke Timur. Sejumlah perjalanan kereta api dari Jakarta dan Bandung menuju ke Semarang, okupansi sudah 100 persen terisi.

Diperkirakan jumlah penumpang yang akan turun di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang pada hari ini bisa mencapai 24.000 penumpang. Data terakhir penumpang yang turun pada hari ini hingga pukul 09:00 wib, berjumlah 21.944 penumpang. Pada hari-hari biasa, jumlah penumpang yang turun berkisar antara 11.000 hingga 15.000 penumpang per harinya.

Sementara penumpang yang naik dari wilayah Daop 4 Semarang menuju Jakarta, Bandung, Purwokerto, Cepu Surabaya, Malang dan Solo telah mencapai 16.474 penumpang. Data tanggal 7 Juni 2018, jam 08:30 wib, jumlah penumpang yang naik pada hari-hari biasa rata-rata mencapai antara 11.000 hingga 16.000 penumpang per harinya.

Selama kunjungannya di Stasium Semarang Tawang hari ini, Dirut PT KAI menyapa para penumpang. Dalam rangka menghibur dan menyemarakan semangat Asian Games 2018 pada tanggal 18 Agustus 2018 di Palembang dan Jakarta, Dirut PT KAI membagikan 100 bola sepak dan 200 balon kepada para penumpang cilik di Stasiun Semarang Tawang secara gratis.

Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, menhatakan bahwa komitmen jajaran management PT KAI menyelengarakan angkutan mudik di transportasi kereta api yang super sukses dan lebih baik dari tahun sebelumnya, merupakan tujuan yang ingin diwujudkan pada operasi angkutan lebaran 2018 kali ini.
“Salah satu wujudnya nyata dari komitment tersebut adalah program “Perjalanan Menuju Berkah”,” katanya.

Sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada masyarakat yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi mudiknya dan wujud semangat berbagi PT KAI kepada sesama dalam Ramadan tahun ini, PT KAI mengadakan program pembagian takjil, buka puasa, dan sahur gratis dengan tema “Perjalanan Menuju Berkah”. “Program pembagian takjil, buka puasa, dan sahur gratis ini dilaksanakan mulai H-10 hingga H-1 Idul Fitri,” jelasnya.

Sebanyak total 60.700 paket takjil gratis akan diberikan PT KAI kepada penumpang KA di stasiun keberangkatan yang telah melakukan boarding dan memasuki area zona 1 di stasiun keberangkatan. Takjil gratis ini akan dibagikan pada saat menjelang berbuka puasa antara pukul 17.00-18.30 WIB.

Sementara untuk pembagian buka puasa dan sahur gratis, PT KAI akan menyiapkan kurang lebih 85.206 box makanan per hari yang akan dibagikan ke penumpang (kecuali penumpang infant) yang pada saat waktu berbuka/sahur masih berada di dalam salah satu dari 142 perjalanan KA. Rinciannya penumpang di 65 perjalanan KA diberikan makanan berbuka, penumpang di 50 perjalanan KA diberikan makanan untuk sahur dan penumpang di 27 perjalanan KA akan diberikan makanan untuk berbuka dan sahur. “Karena memang waktu perjalanan di 27 KA tersebut masuk waktu berbuka puasa hingga sahur,” ujar Suprapto. (sen/yon)