Pengguna Jasa Kereta Api Dapat Menu Buka Puasa dan Sahur Gratis

SEMARANG, RAKYATJATENG – Ramadhan telah memasuki sepuluh hari keduanya, masa angkutan Lebaran pun segera dimulai dalam beberapa hari ke depan. Arus mudik di beberapa stasiun juga sudah mulai terlihat di beberapa stasiun keberangkatan KA.

Sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada masyarakat yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi mudiknya dan wujud semangat berbagi kepada sesama dalam Ramadhan tahun ini, PT KAI mengadakan program pembagian takjil, buka puasa, dan sahur gratis dengan tema “Perjalanan Menuju Berkah”.

Program pembagian takjil, buka puasa, dan sahur gratis ini dilaksanakan mulai H-10 hingga H-1 Idul Fitri.

Sebanyak total 60.700 paket takjil gratis akan diberikan PT KAI kepada penumpang KA di stasiun keberangkatan yang telah melakukan boarding dan memasuki area zona 1 di stasiun keberangkatan.

Takjil gratis ini akan dibagikan pada saat menjelang berbuka puasa antara pukul 17.00-18.30 WIB. Sementara untuk pembagian buka puasa dan sahur gratis, PT KAI akan menyiapkan kurang lebih 85.206 box makanan per hari yang akan dibagikan ke penumpang (kecuali penumpang infant) yang pada saat waktu berbuka atau sahur masih berada di dalam salah satu dari 142 perjalanan KA. Rinciannya penumpang di 65 perjalanan KA diberikan makanan berbuka, penumpang di 50 perjalanan KA diberikan makanan untuk sahur dan penumpang di 27 perjalanan KA akan diberikan makanan untuk berbuka dan sahur karena memang waktu perjalanan di 27 KA tersebut masuk waktu berbuka puasa dan sahur.

Menu yang disiapkan PT KAI untuk buka puasa dan sahur penumpang KA dalam program ini akan sangat variatif, mulai dari nasi goreng, ayam goreng, nugget, nasi lemak, dan sebagainya. Makanan yang disediakan pun dijamin oleh PT KAI mulai dari kebersihan dan kesehatannya karena makanan yang diterima penumpang pada saat itu adalah makanan yang dimasak pada hari itu juga.

“Selain ingin menyemarakkan Ramadhan tahun ini, program ini juga dirancang untuk menyebarkan semangat berbagi kepada para pengguna jasa setia kereta api,” kata Executive Vice President PT KAI, Daop 4 Semarang, Dwi Erni Ratnawati.

Menurutnya, dengan adanya program ini, penumpang yang waktu perjalanan KA-nya masuk dalam waktu berbuka puasa atau sahur tidak perlu repot lagi menyiapkan bekal karena kebutuhan makan berbuka dan sahurnya telah disediakan oleh PT KAI. “Sehingga diharapkan dengan kemudahan ini, bisa menambah kekhusuan bagi umat muslim yang sedang menjalani ibadah puasa,” tambahnya.

Dia pun mengucapkan selamat menikmati perjalanan pulang ke kampung halaman kepada seluruh pengguna jasa KA. “Semoga program “Perjalanan Menuju Berkah” yang kami adakan ini benar-benar menjadi berkah bagi kita semua dan pelaksanaan angkutan Lebaran kali ini dapat menjadi perjalanan Mudik Super Sukses,” ujar Dwi Erni Ratnawati. (sen/yon)