Puluhan Penyuluh Pertanian di Temanggung Jadi PNS

  • Bagikan

TEMANGGUNG, RAKYATJATENG – Sebanyak 47 penyuluh pertanian di Kabupaten Temanggung menerima surat keputusan sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Penyerahan SK itu diberikan langsung oleh penjabat sementara Bupati Temanggung Sudaryanto Kamis (31/5) di pendopo Jenar Setda Temanggung.

“Pengambilan sumpah janji sebagai upaya pembinaan PNS yang bersih, jujur, dan sadar akan tanggung jawab sebagai unsur aparatur negara, abdi negara, dan masyarakat. Sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Pjs Bupati Sudaryanto.

Dengan diterima SK PNS dia berharap para penyuluh pertanian meningkatkan kinerjanya dalam mengabdi kepada bangsa dan negara guna melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian pembangunan sektor pertanian bisa berjalan optimal agar kesejahteraan masyarakat utamanya para petani semakin meningkat.

Hal itu selaras dengan Kabupaten Temanggung sebagai salah satu daerah agraris, membutuhkan peran aktif para penyuluh guna membimbing dan memberikan penyuluhan para petani agar meningkat kualitasnya, sehingga bisa bertani secara modern.

Ia mengharapkan para PPL yang telah menjadi PNS dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Dapat menciptakan dan memelihara suasana kerja yang harmonis dengan sesama rekan kerja sehingga tugas pelayanan pertanian bisa optimal.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Temanggung Dja`far menjelaskan, sebanyak 47 penyuluh pertanian yang menerima SK PNS merupakan peserta yang lulus. Yakni dari masa percobaan, diklat prajabatan, dan persyaratan lain yang telah ditentukan untuk diangkat menjadi PNS.

Sebelumnya, mereka menerima SK CPNS dari hasil seleksi perekrutan program pegawai tenaga harian lepas dan tenaga bantu (THL- TB) yang berusia 35 tahun ke bawah Kementerian Pertanian di lingkungan Pemkab Temanggung pada 2017. Selanjutnya mereka ditempatkan sebagai penyuluh pertanian di 20 kecamatan. (JPC)

  • Bagikan