Inilah 6 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Ramadhan

Mei 31, 2018
Belum ada gambar

JAKARTA, RAKYATJATENG – Bagi umat Muslim di seluruh dunia, bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti. Sebulan penuh lamanya, umat Islam harus menahan haus, lapar, dan hawa nafsu mulai dari setelah waktu sahur sampai magrib. Meski memiliki tantangan tersendiri, bukan berarti sulit dilakukan.Karena itu, penting untuk terus menjaga daya tahan tubuh selama Ramadhan supaya tidak mengganggu ibadah puasa.Aktivitas yang padat bisa menyebabkan pola hidup berubah dan penuh tuntutan. Kondisi ini bisa berdampak pada daya tahan tubuh, sehingga tubuh jadi mudah terserang penyakit dan infeksi.Tentu Anda tak mau mengalami hal ini selama menjalani puasa di bulan Ramadan, bukan? Untuk itu, asupan nutrisi harus sangat diperhatikan.Lakukan lima hal di bawah ini untuk membantu Anda meningkatkan daya tahan tubuh supaya Ibadah puasa tetap lancar dan terhindari dari serangan penyakit.1. Perhatikan durasi dan kualitas tidur AndaTidur yang cukup dan berkualitas dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda, terutama saat berpuasa. Anda dianjurkan tidur minimal 7–8 jam per hari. Tak hanya durasi, tapi kualitas tidur juga tak kalah penting.Selama bulan Ramadhan kemungkinan besar durasi tidur berkurang. Meski begitu, kualitas tidur harus menjadi perhatian. Untuk mengakalinya, Anda dapat menambah jam tidur pada siang hari, yaitu sekitar 1 jam. Selama tidur, sel-sel tubuh mengalami regenerasi dan melawan penyakit. Inilah sebabnya daya tahan tubuh dipengaruhi oleh durasi dan kualitas tidur yang baik.2. Meski puasa jangan lantas berhenti berolahragaJangan jadikan puasa sebagai alasan untuk Anda berhenti atau semakin malas berolahraga. Anda tetap dapat berolahraga selama bulan Ramadhan, dengan cara menyiasati waktunya. Lakukan olahraga sesaat sebelum berbuka, sehingga setelah selesai Anda bisa langsung makan dan minum.

Komentar

VIDEO TERKINI