Sudah Tiga Kali Sukoharjo Raih Opini WTP

  • Bagikan

SUKOHARJO, RAKYATJATENG -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terkait Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2017. Penyerahan dilakukan di Kantor BPK di Perwakilan Jawa Tengah (Jateng), Senin (28/5) pukul 15.30 WIB.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya menerima sendiri laporan tersebut bersama dengan Ketua DPRD Sukoharjo Nurjayanto.

Inspektur Sukoharjo Djoko Poernomo mengatakan, Sukoharjo sudah tiga kali ini mendapatkan WTP. Pertama pada LKPD 2015 dan 2016 lalu dan pada LKPD 2017 ini. Adapun kriteria dalam penilaian WTP ini yakni dari sisi keuangan laporan akutansinya, sesuai Standar Akuntansi Pemerintah (SAT) atau tidak. Selain itu, sistem pengendalian intern, dan kepatuhan aturan perundangan.

”Itu yang dinilai kriterianya penyajian laporan keuangan,” papar dia.

Dia mengatakan, pemeriksaan pendahuluan dilakukan BPK pada bulan Februari-Maret. Sementara pemeriksaan terperinci dilakukan April-Mei.

Dia mengatakan, dalam meraih opini WTP ini tidak luput dari kerja keras semua pihak. Ispektorat bekerjasama dengan OPD lainnya juga untuk mendapatkan Opini WTP ini.

”Ini hasil kerja keras semua pihak,” papar Ipung.

Pihaknya menyatakan, catatan dari BPK segera ditindaklanjuti agar opini WTP kembali bisa diraih tahun depan, dan tahun-tahun selajutnya.

”Kami berbangga atas prestasi opini WTP ini, harus terus dipertahankan kedepannya,” terang dia. (JPC)

  • Bagikan