Prediksi PSIS Semarang vs Mitra Kukar: Misi Lepas dari Juru Kunci

SEMARANG, RAKYATJATENG – PSIS Semarang mengusung misi lepas dari posisi juru kunci saat menjamu Mitra Kukar pada Senin (28/5) malam WIB. Andai menang, Laskar Mahesa Jenar bakal mengoleksi 11 angka. Itu berarti menggusur posisi Arema FC di peringkat 17. Arema FC sendiri sudah melakoni laga pekan ke-11 dan kalah dari tuan rumah PSMS Medan. Mereka baru mengoleksi 9 angka.

Kans untuk lepas dari posisi buncit terbuka lebar. Bermain di depan publik sendiri, PSIS didukung suporter setia. Memang, pada laga kandang terakhir, PSIS kalah dari PS Tira dengan skor 0-2. Namun, sebelumnya PSIS pernah menang atas PSMS Medan 4-1 dan Persela Lamongan 3-1 dalam laga kandang. Setidaknya PSIS punya modal untuk bisa mendulang angka penuh saat menjamu Mitra Kukar.

Di satu sisi, PSIS bisa memanfaatkan mental Mitra Kukar yang lemah dalam laga tandang. Maklum saja, Naga Mekes – julukan Mitra Kukar, belum pernah menang dalam laga tandang di Liga 1 2018. Sempat menahan imbang tuan rumah Arema FC pada pekan pertama, dalam 4 laga tandang berikutnya Mitra Kukar selalu menelan kekalahan. Dalam laga tandang terakhir, tim asuhan Rafael Berges Marin itu kalah 0-1 di markas Bhayangkara FC.

PSIS sendiri langsung berbenah usai kalah telak 0-4 di kandang Sriwijaya FC pada pekan ke-10. Pelatih asal Italia, Vincenzo Alberto Annese, fokus pada memperkuat sektor belakang dan mengasah ketajaman. Selama ini, PSIS memang lemah dalam hal koordinasi antarpemain bertahan. Selain itu, lini depan PSIS juga kerap kurang tenang dalam menyelesaikan peluang.

Annese yang pernah memperkuat klub Italia, Vicenza, berharap para pemainnya bisa tampil lebih disiplin. Dia pun meminta Bruno Silva cs tampil tanpa tekanan dan lebih enjoy agar bisa mengeluarkan segala kemampuan yang dimiliki.

“Ini laga berat buat kami karena wajib menang. Kami harus melupakan hasil-hasil buruk sebelumnya dan berpikir positif untuk memenangkan pertandingan menjamu Mitra Kukar,” sebut Annese sebelum laga seperti dilansir liga-indonesia.id.

Annese kembali memasukkan para pemain pilar yang sempat diparkir saat kalah dari Sriwijaya FC. Mereka adalah kiper Jandia Eka Putra, gelandang Bayu Nugroho dan M Yunus, serta winger muda Komarodin. Annese jelas melakukan perubahan komposisi pemain untuk laga nanti.

Bukan perkara gampang meraih kemenangan atas Mitra Kukar. Oleh karena itu, Annese berharap semua pemain yang diturunkan agar tampil penuh konsentrasi dan tidak membuat kesalahan. Sebab, Mitra Kukar diperkuat pemain-pemain berkualitas. Apalagi mereka memiliki bomber haus gol pada diri Fernando Rodriguez Ortega.

“Kami harus konsentrasi penuh sepanjang pertandingan. Karena kebanyakan gol yang bersarang ke gawang kami karena kami kecolongan. Itu tidak boleh terjadi,” tegas pelatih muda berusia 33 tahun itu.

Sementara itu, Mitra Kukar datang dengan kepercayaan diri tinggi usai mengalahkan PSMS pada laga terakhir di Liga 1 2018. Meski begitu, Rafael Berges selaku juru taktik ogah meremehkan PSIS yang dalam tiga laga terakhir selalu kalah. Maklum saja, dia menyadari timnya juga mengalami masalah dalam hal mental saat melakoni laga tandang. Terbukti, Mitra Kukar belum pernah menang saat berlaga di kandang lawan.

“Posisi di klasemen tidak memberikan jaminan sebuah tim akan mengalahkan tim yang ada di bawahnya. Kami tetap harus fokus dan ekstra waspada di kandang PSIS,” ungkap Berges.

Naga Mekes tampil dengan kekuatan penuh dalam laga ini. Hendra Adi Bayauw dan Danny Sean Guthrie kembali bisa diturunkan setelah pekan lalu absen lantaran akumulasi kartu.

Well, PSIS harus kerja keras untuk mewujudkan misi lepas dari posisi juru kunci. Namun, sebagai tuan rumah, PSIS akan berusaha sekuat tenaga untuk kembali ke jalur kemenangan. (JPC)