Perlancar Arus Mudik, Dishub Surakarta Siapkan Mobil Derek Gratis Beroperasi 24 Jam

  • Bagikan

SOLO, RAKYATJATENG -Kendaraan mogok di jalan bisa memicu kemacetan lalu lintas. Mengantisipasi hal ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta telah menyiapkan derek gratis 24 Jam nonstop. Alat bisa dimanfaatkan pemudik yang mengalami kerusakan mobil di jalan.

Kepala Seksi Parkir Umum dan Khusus Dinas Perhubungan Kota Surakarta Henry Satya menyatakan bahwa mobil derek saat ini dalam kondisi siap tugas selama 24 jam nonstop, baik untuk penindakan pelanggaran parkir maupun untuk permintaan batuan pederekan. Bagi yang membutuhkan bisa menghubungi layanan call center di 0822 2100 0059.

“Layanan ini bisa dimanfaatkan oleh warga asli (dalam kota) maupun yang sedang melintas di Kota Bengawan. Selama pelayanannya ada di wilayah Solo maka gratis. Namun jika ada permohonan ke luar kota akan ada biaya tambahan Rp 250 ribu,” jelas Henry saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (25/5).

Lantaran hanya memiliki satu armada mobil derek, maka bila ada permintaan bersamaan akan dilihat tingkat kegawatdaruratan terlebih dahulu. Permohonan derek kendaraan roda empat, baik bersifat mengganggu atau peruntukannya mendesak, seperti mogok dan kecelakaan lalu lintas.

“Nanti dilihat dulu peruntukannya. Kalau untuk penegakan parkir kan masih bisa pakai mobil patroli satunya. Selain itu juga masih ada gembok parkir, jadi tidak akan begitu berpengaruh,” beber Henry.

Di bagian lain, Kepala Dishub Kota Surakarta, Hari Prihatno menambahkan, satu mobil derek untuk wilayah Kota Solo masih jauh dari kata ideal. Karena itu, tahun depan pihaknya akan mengajukan penambahan untuk pengadaan mobil derek lagi.

“APBD 2019 kami diajukan. Tapi akan lebih baik kalau ada tambahan beberapa lagi. Mengingat pemanfaatannya sangat beragam. Mulai dari membantu penegakan aturan dan penindakan pelanggaran perparkiran, maupun pemanfaatannya untuk membantu menderek saat terjadi hal yang tidak diinginkan,” tutup Hari. (JPC)

  • Bagikan