Penanganan Rob di Rembang Ditarget Rampung sebelum Lebaran

  • Bagikan

REMBANG, RAKYATJATENG – Gelombang air laut di Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, berangsur surut. Hanya saja sampai hari ketiga, delapan kepala keluarga masih mengungsi. Untuk itu pemkab setempat menargetkan perbaikan rumah warga yang rusak karena rob akan dirampungkan sebelum Lebaran.

Kemarin pihak kecamatan setempat langsung kerja bakti bersama. Termasuk swadaya membantu para korban rob. Tergetnya sebelum Lebaran mereka sudah bisa kembali dapat menempati rumahnya masing-masing.

Camat Sarang, Mutaqin menyampaikan rob sudah berangsur normal. Masalahnya tinggal menyelesaikan pembenahan rumah. Sambil mengajukan kepada pemerintah, terkait penanganan secara permanen.

”Perbaikan rumah dengan sistem gotong royong dan swadaya. Termasuk melibatkan tetangga, pemuda dan kecamatan,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Kudus, kemarin (25/5).

Setidaknya bantuan dapat dipergunakan keperluan perlengkapan. Misalnya membeli genting dan lain sebagainya. Mengingat dari delapan rumah di wilayah RT 08, RW 01 pondasinya tergerus air.

”Sehingga rumah mereka ada yang ambrol dan miring. Karena kemiringan genting terpaksa diturunkan saat rob tinggi. Karena ditakutkan justru hancur,” terangnya.

Apalagi dari tingkat kerusakan bervariasi. Ada rumah ukuran 4×6 maupun 5×6 mengalami rusak sampai separuh. Bahkan ada yang sampai 3/4 sehingga terpaksa dirobohkan habis, khawatir membahayakan.

Untuk itu, perbaikan rumah bakal terus dikebut. Bahkan sebagian sudah dilakukan saat rob hari Rabu lalu masih tinggi. Meskipun dilakukan saat bulan puasa, tujuannya agar mereka dapat menempati saat lebaran.

”Kita tetap pantau mas, walaupun rob sampai hari Jumat ini sudah normal. Karena memang masih musim timuran,” ungkapnya.

Mutaqin menambahkan, selain Desa Karangmangu, ada desa lain yang rumahnya terendam. Lokasinya di Kalipang ada 37 rumah. Di sana bukan diakibatkan abrasi, namun gelombangnya tinggi. Sehingga air melompati penahan ombak yang ada. (JPC)

  • Bagikan