Ini Tips Sop Buntut Bakar Balado Biar Empuk untuk Menu Buka Puasa

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATJATENG – Berbuka puasa paling enak menyantap menu yang berkuah. Sop buntut bisa menjadi pilihan. Namun, sop buntut mungkin sudah biasa, bagaimana jika buntutnya dibakar?

Hotel Puri Denpasar Jakarta menawarkan sensasi menu berbuka ala tradisional, yakni Sop Buntut Bakar Balado. Sop buntut ala Chef Hotel Puri Denpasar Jakarta, Chef Anang Winarko ini berbeda. Sebab, buntutnya dibakar terlebih dahulu dan dibumbui dengan sambal balado.

“Terserah ibu-ibu lebih suka sausnya balado, rica-rica atau barbeque, yang penting buntutnya kalau kami dikreasikan dengan cara dibakar baru kemudian pakai kuah sup,” kata Anang baru-baru ini.

Anang memberikan tips agar buntut sapi bisa lebih empuk saat disantap. Proses merebusnya biasanya memakan waktu 2 jam.

“Proses merebusnya lama kurang lebih 2 jam. Direbus dan buntutnya dicuci 2-3 kali sampai bersih. Kalau pakai daun pepaya agak susah sih karena buntut ada tulangnya, beda dengan daging,” jelasnya.

Bahkan di sejumlah daerah, kata Anang, masih ada cara tradisional, yaitu dengan cara merebus buntut bersama sendok stainlesstell di dalamnya. Sebab sendok tersebut semacam penghantar panas yang bisa membuat daging empuk.

Lalu apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan? Simak resep Chef Anang.

– 1000 gr buntut sapi
– 5 liter air
– 75 gram bawang merah (tumis)
– 75 gram bombai (tumis)
– 35 gram daun bawang
– 15 gram seledri
– 75 gram wortel
– 75 gram jahe
– 1 gram cengkeh
– 1 gram kapulaga
– 5 buah Anie Stars
– 4 buah pala
– 1 buah kayu manis
– 50 gram garam
– 1 gram lada putih
– 10 gram gula pasir
– 35 gram chicken powder.
(JPC)

  • Bagikan