Sortir Jutaan Lembar Surat Suara Pilgub Jateng, KPU Pati Libatkan 104 Warga

PATI, RAKYATJATENG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mulai menyortir kertas suara Pilgub Jateng 2018 kemarin. Sortir surat suara sebanyak 1.049.166 lembar itu ditarget rampung Jumat (25/5) mendatang.

Praktis waktu penyortiran jutaan lembar surat suara tersisa tiga hari lagi. KPU Pati juga melibatkan ratusan warga dari lingkungan sekitar.

Komisioner KPU Pati Imbang Setiawan menjelaskan, KPU sudah menerima logistik Pilgub Jateng berupa surat suara dan botol tinta. Ada 1.049.166 surat suara yang sesuai pemilih daftar pemilih tetap (DPT) plus 2,5 persen surat suara cadangan. Sedangkan botol tinta sebanyak 4.674. Setiap TPS diberikan dua botol tinta.

“Pelipatan surat suara melibatkan 104 warga dan ada warga disabilitas juga yang menjadi tim sortir. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok sehingga kami menargetkan Jumat (25/5) ini pelipatan surat suara rampung. Jika ada surat suara yang rusak usai disortir semua, bisa segera membuat berita acara dan minta ganti kepada pihak penyedia,” tuturnya kemarin.

Setelah pelipatan suara suara, KPU menunggu kebutuhan logistik lainnya yang kini masih dalam tahap pengadaan seperti formulir, bantalan, sampul, dan lainnya yang rencananya didistribusikan bulan puasa ini.

“Kalau logistik sudah didistribusikan semua ke KPU lalu dipaking semua sebelum lebaran. Supaya pascalebaran nanti logistik pilgub bisa dikirim ke kecamatan. Sebab Juni mendatang sudah pelaksanaan pilgub,” imbuhnya.

Salah satu warga difabel, Suratno mengatakan, seperti proses penyortiran surat suara pilkada sebelumnya, melibatkan warga difabel. Pada penyortiran surat suara Pilgub Jateng 2018 ini, ada empat warga difabel yang dilibatkan. “Kami sangat senang bisa ikut berpartisipasi dalam proses pilgub. Lagipula, ini bisa menambah penghasilan warga difabel,” imbuhnya. (JPC)