Pelipatan Surat Suara Pilgub di Kudus Ditarget Selesai Seminggu

  • Bagikan

KUDUS, RAKYATJATENG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus, Jawa Tengah, mulai melakukan pelipatan surat suara untuk pemilihan gubernur (pilgub). Surat suara yang dilipat mencapai 627.904 lembar surat suara.

Kasubag Umum KPU Kudus Sudartono mengatakan, untuk pelipatan surat suara ditarget selesai seminggu. Setelah itu pihaknya juga harus melakukan pelipatan untuk surat suara pilbup. “Kami lakukan pelipatan baru sehari, mulai hari ini (kemarin, Red),” katanya kemarin.

Jumlah surat suara yang dilipat sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kudus ditambah 2,5 persen data pemilih di tempat pemungutan suara (TPS). Jadi total surat suara yang dilipat sebanyak 627.904 lembar, sementara DPT Kudus 611.879 pemilih.

Untuk menyelesaikan pelipatan tersebut, pihaknya menyiapkan 50 orang tenaga. Untuk setiap satu surat suara diberikan upah Rp 50. “Dengan jumlah tersebut, kami target satu minggu sudah selesai,” ucapnya.

Upah melipat juga melihat daerah sekitar Kudus, ada yang Rp 55 bahkan ada yang upahnya Rp 35. Sehingga upah yang diberikan tidak terlalu tinggi dan juga terlalu rendah. Sedangkan waktu pelipatan dimulai pukul 08.00 sampai 15.00.

Dalam proses pelipatan, pihaknya juga melakukan pengawasan, termasuk dijaga pihak kepolisian. Selain itu juga dipantau langsung Panwaslu Kudus. “Kami awasi terus,” ujarnya.

Dengan begitu, proses pelipatan memang benar-benar diawasi langsung agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Usai pelipatan, selama ini kantor KPU sudah dijaga pihak pengamanan, termasuk dari polres.

Sedangkan untuk kotak suara dan bilik suara sudah dilakukan proses perakitan dan sudah selesai. Saat ini kotak suara dan bilik suara disimpan di gudang yang dimiliki KPU Kudus. (JPC)

  • Bagikan