Ramadhan, PLN Surakarta Kerahkan 334 Personel

SOLO, RAKYATJATENG – Bulan Ramadhan ini, PT PLN (Persero) Area Surakarta menerjunkan 334 personel. Nantinya, pemeliharaan jaringan kondisi dan kendala yang terjadi se-Eks Karesidenan Surakarta. Manager Area PT PLN Area Surakarta, Mundhakir menjelaskan, ratusan personel yang dikerahkan ini memiliki tugas dan fungsi pokok masing-masing.

Saat piket, disiagakan disediakan 27 personel. Sementara pekerjaan dalam keadaan bertegangan sentuh langsung (PDKB SL) ada 8 personel. Plus pelayanan teknik (Yantek) 224 personel, dan pemeliharaan sebanyak 75 personel.

”Sedangkan untuk jumlah armada, kami sediakan 88 unit. Kami juga telah melakukan gelar pasukan pada 15 Mei lalu,” ucap Mundhakir, Jumat (18/5).

Sejatinya sejak 1 Mei, PLN sudah melakukan patroli dan inspeksi jaringan ke beberapa titik. Hal ini sebagai upaya pemeliharaan preventif untuk jaringan bermasalah.

”Terutama titik-titik sambungan. Kami sudah membentuk tim melakukan pengecekan. Selain itu juga membagikan brosur ke masyarakat untuk menambah daya,” bebernya.

Saat ini cadangan PLN cukup besar. Siang hari mencapai 823 megawatt dan di malam hari 324 megawatt. Diperkirakan Ramadan ini, penambahan daya sekitar 5 persen.

”Tapi untuk Kota Solo, daya 5 persen ini cukup besar. Terutama pada sore saat kegiatan Tarawih dan Sahur,” terangnya.

Terkait penambahan daya di masyarakat, melihat trennya, masih didominasi konsumsi rumah tangga.

”Kalau untuk kalangan menengah, seperti industri, pertumbuhannya sangat kecil. Rata-rata setahun hanya 7 persen saja,” urai Mundhakir. (JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono