Memperlancar Arus Mudik dan Balik Lebaran, CFD Solo Diliburkan 3 Pekan

SOLO, RAKYATJATENG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Jawa Tengah, akan meliburkan sementara kegiatan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan selama tiga pekan, menjelang Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) 2018.

Kepala Dishub Kota Solo Hari Prihatno mengatakan, kegiatan CFD akan diliburkan mulai H-5 hingga H+7 Lebaran. Hal tersebut untuk memperlancar arus lalu lintas kendaraan pada saat mudik dan balik Lebaran.

“Kegiatan CFD akan kita liburkan mulai tanggal 10 (Juni), 17 hingga 24 Juni 2018,” kata Hari, di Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/5).

Hari mengungkapkan, jumlah kendaraan yang masuk Kota Solo pada Lebaran tahun ini diperkirakan mengalami peningkatan. Jika tahun lalu ada sekitar 7,8 juta kendaraan, diperkirakan tahun ini meningkat sekitar 8 juta kendaraan.

“Kita memprediksi jumlah kendaraan yang masuk Solo pada arus mudik Lebaran nanti ada 8 juta lebih,” terang dia.

Kendati ada jalan tol ruas Solo-Ngawi yang rencana juga akan dioperasikan menjelang Lebaran, Hari mengatakan tidak akan mempengaruhi jumlah kepadatan kendaraan yang masuk Kota Solo.

“Tol rencananya akan dibuka, fungsional maupun operasional. Tapi, prediksi saya, tidak ada pengaruh karena Solo ini kota tujuan wisata,” ujar Hari.

Untuk memperlancar arus lalu lintas kendaraan selama mudik dan balik Lebaran, pihaknya akan memasang rambu lalu lintas, seperti barikade dan rambu pendahulu penunjuk jalan (RPPJ).

Selain itu, akan dilakukan pemantauan terhadap jumlah kendaraan yang keluar masuk melalui kamera close circuit television (CCTV) yang dipasang di persimpangan dan titik jalan di Solo. (kcm)