Sempat Ditutup Karena Merapi Batuk, Bandara Adisutjipto Kembali Dibuka

  • Bagikan

YOGYAKARTA, RAKYATJATENG –Perum Airnav Indonesia kembali membuka lalu lintas penerbangan di Bandara Bandara Adisutjipto, Yogyakarta pada Jumat (11/5) pada pukul 11.40. Sebelumnya, Airnav Indonesia, menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) nomor B3564/18 dan menutup Bandara Adisutjipto sejak pukul 10.42 WIB hingga pukul 11.40 WIB.

Penutupan ini dilakukan akibat dari gangguan debu vulkanik hasil letusan Gunung Merapi yang “batuk” pagi tadi.

“Airnav Indonesia bersama seluruh stakeholder terkait akan terus memonitor perkembangan status Gunung Merapi dan dampaknya terhadap penerbangan,” ujar Yohanes Sirait, Manager Humas Airnav Indonesia dalam keterangan yang diterima Jumat (11/5).

Sebelumnya, Airnav Idonesia bersama stakeholder penerbangan didukung data dari Darwin Volcanic Ash Advisory Center (DVAAC) memutuskan untuk menutup Bandara Adisutjipto karena area ruang udaranya terdampak debu vulkanik.

Yohanes menyampaikan, pihaknya terus mengumpulkan data untuk mengetahui penerbangan yang terdampak akibat dari penutupan ini.

“Kami akan terus menyampaikan informasi terkini, semoga dampaknya tidak meluas. Pemanduan lalu lintas penerbangan dilakukan sesuai standard operation procedure (SOP) yang berlaku dan menghindari area terdampak debu vulkanik sesuai dengan contingency plan yang telah kami susun,” ujar Yohanes. (JPC)

  • Bagikan