Menjamu Huddersfield, Chelsea Hanya Berbagi Poin

  • Bagikan

RAKYATJATENG – Chelsea menerima pukulan dalam misinya finis empat besar di akhir musim. Menjamu Huddersfield Town, Chelsea hanya berbagi poin dengan meraih satu angka usai imbang dengan skor 1-1.

Bertanding di Stamford Bridge, Kamis (10/5) dinihari WIB, Chelsea mendominasi permainan, tapi banyak membuang peluang. Statistik BBC Sport mengungkap, tim London Barat ini memiliki 78 persen penguasaan bola dengan menciptakan 22 percobaan (5 ke arah gawang).

Sementara itu, Huddersfield hanya menciptakan tiga peluang dengan dua tembakan mengarah ke gawang. Meski tertekan di sepanjang laga, Huddersfield mengejutkan Chelsea dengan mencetak gol lebih dahulu di awal babak kedua melalui Laurent Depoitre. Gol balasan Chelsea dicetak Marcos Alonso.

Dengan hasil ini, Chelsea masih di peringkat kelima dengan perolehan 70 poin hasil 37 pertandingan. Untuk finis empat besar, the Blues mesti memenangi laga terakhirnya dan berharap Liverpool kalah.

Sementara itu, Huddersfield dipastikan bertahan di Premier League. Dengan koleksi 37 poin, Huddersfield unggul empat poin dari Swansea City, yang dipastikan terdegradasi ke divisi Championship.

Saat pluit babak pertama dimulai, Chelsea sudah menguasai bola, sedangkan Huddersfield tampil bertahan. Peluang pertama Chelsea didapat di menit keenam saat Marcos Alonso melepaskan sepakan meski bisa diredam Jonas Lossl di tiang dekat.

Tiga menit kemudian, Chelsea kembali mengancam. Willian mengalahkan kawalan penjaganya, sebelum melakukan tembakan ke tiang jauh namun bola masih melenceng.

Di menit ke-12, Chelsea melewatkan peluang emas. Sebuah umpan silang matang dari Cesc Fabregas menemui Antonio Ruediger, yang tidak terkawal. Namun, sundulan Ruediger melenceng.

Chelsea semakin dekat dengan gol pertamanya. Di menit ke-15, Lossl gagal menangkap bola sepak pojok, tapi seorang bek Huddersfield mampu menyapu bola.

Peluang lain datang lagi dari Chelsea. Setelah melewati setengah jam, sontekan Alvaro Morata dari jarak dekat bisa ditangkap Lossl.

Memasuki lima menit terakhir, sebuah peluang kembali dilewatkan Chelsea. Operan terobosan N’Golo Kante diterima Morata. Namun, Morata terlalu lama menguasai bola sehingga mesti sudah melewati Lossl, sepakan dia dari sudut sempit hanya bergulir di depan gawang dan tidak ada pemain Chelsea lainnya yang menyambut.

Setelah turun minum, Huddersfield yang sepanjang babak pertama kesulitan membuat peluang justru mengejutkan Chelsea. Di menit ke-50, Laurent Depoitre membuka keunggulan Huddersfield untuk memimpin 1-0.

Huddersfield merebut bola dari Willian sehingga Aaron Mooy bisa mengirim umpan lambung kepada Depoitre di depan. Willy Caballero buru-buru ke tepi kotak penalti untuk mencegat tapi malah bertabrakan dengan Depoitre. Bola masih dikuasai striker Huddersfield itu dan dengan mudah menceploskan ke gawang yang kosong.

Keungulan tersebut hanya bertahan 11 menit. Di menit ke-62, Chelsea menyamakan skor menjadi 1-1.

Cesar Azpilicueta dalam posisi bebas di sisi kanan untuk mengirim umpan mendatar ke dalam kotak. Zanka mencoba mengamankan, tapi bola justru mengenai wajah Alonso sebelum masuk ke gawang Huddersfield.

Gol penyama membuat Chelsea terus meningkatkan serangannya. Namun, Huddersfield masih solid bertahan.

Chelsea nyaris menciptakan gol keduanya di menit ke-84. Diawali dari kemelut di depan gawang Huddersfield, Andreas Christensen menyundul bola ke dekat tiang. Lossl menepis dengan tangan kanannya, lalu bola mengenai tiang sebelum diamankan.

Pertandingan semakin menegangkan. Chelsea terus menyerang dan mencoba mendapatkan gol kemenangan. Lossl membuat dua penyelamatan apik untuk menggagalkan tembakan Morata dan Willian.

Olivier Giroud mencoba tendangan overhead dari dalam kotak penalti, tapi sepakannya melebar tipis. Huddersfield mati-matian bertahan. (dtc)

  • Bagikan