Pekalongan dan Amway Gencar Entaskan Balita Gizi Kurang

  • Bagikan

PEKALONGAN, RAKYATJATENG – Pemerintah Kabupaten Pekalongan dan Amway Indonesia menggelar penyuluhan bertajuk Pola Asuh & Nutrisi untuk Anak Sehat dan Cerdas untuk 300 relawan kesehatan di kabupaten itu, Senin (7/5).

Penyuluhan itu merupakan tindak lanjut program pengentasan balita gizi kurang bertajuk Nutrilite Power of 5.

Program Nutrilite Power of 5 telah membantu sekitar 500 anak gizi kurang di tujuh kecamatan di Kabupaten Pekalongan.

Caranya dengan pemberian bubuk vitamin Nutrilite Little Bits yang digerakan oleh ibu-ibu PKK dan relawan kesehatan yang diketuai Munafah Asip Kholbihi selaku ketua umum PKK dan pembina kader kesehatan.

“Harapan saya bekerja sama dengan Amway Indonesia melalui program corporate social responsibility-nya bisa menurunkan angka kematian balita melalui pemberian bubuk nutrisi mikro Nutrilite Little Bits pada anak gizi kurang dan menjadikan anak-anak balita Kabupaten Pekalongan sehat lahir dan batin,” ujar Munafah saat pembukaan acara penyuluhan yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Sutanto Setiabudi.

Sementara itu, Head of Communication Amway Indonesia Rossy Hardiningsih menuturkan, gizi merupakan salah satu permasalahan besar yang dihadapi oleh setiap negara dari tahun ke tahun.

Karena itu, Amway selaku pemimpin di industri suplemen dan makanan kesehatan merasa terpanggil untuk turut andil dalam membantu pemecahan masalah tersebut.

Amway melalui program global Nutrilite Power of 5 berinisiatif meningkatkan kesadaran masyarakat di seluruh dunia untuk menyadari pentingnya asupan gizi yang cukup untuk anak usia di bawah lima tahun.

Amway mengembangkan produk Nutrilite Little Bits yaitu satu gram bubuk mikronutrisi yang terdiri dari 15 vitamin & mineral esensial.

Sejak 2009, Amway telah mendonasikan suplemen nutrsi mikro ke jutaan anak di seluruh dunia.

“Balita paling rentan terhadap masalah malnutrisi yang mana bila anak di usia lima tahun pertamanya tidak mendapatkan nutrisi yang cukup pertumbuhan fisik dan otaknya tidak optimal,” kata Rossy.

Dari hasil pemantauan dan pengukuran terhadap 435 anak menunjukkan adanya peningkatan berat dan tinggi badan di hampir semua anak yang mendapatkan serbuk Nutrilite Little Bits.

Data Dinas Kesehatan menunjukan terdapat 414 anak yang mengalami peningkatan perbaikan gizi.

Sebanyak 21 anak turun status gizinya yang disebabkan karena adanya penyakit bawaan yang menyebabkan si bocah tidak bisa mengalami perbaikan gizi.

“Kurangnya pengetahuan orang tua tentang pentingnya gizi seimbang untuk anak di awal pertumbuhan mereka bisa mengakibatkan anak-anak  mengalami hambatan dalam pertumbuhannya bahkan menjadi obesitas,” ujar ahli gizi Rita Ramayulis. (jpnn)

  • Bagikan