TMMD di Pati, dari Pembangunan Jalan Hingga Bedah Rumah

  • Bagikan

PATI, RAKYATJATENG – Upacara penutupan menandai berakhirnya TMMD Reguler ke-101 digelar di Lapangan Desa Godo,Winong, Kabupaten Pati, pagi kemarin. Semua sasaran tuntas dilaksanakan dengan baik.

Upacara sendiri dipimpin Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan. Bupati Pati Haryanto juga nampak menghadiri penutupan TMMD.

Dandim Arief yang juga Komandan Satgas TMMD menuturkan, semua tugas dapat dikerjakan tepat waktu. Dengan kegiatan fisik, khususnya pembangunan jalan dapat memperlancar arus perekonomian masyarakat setempat.

”Di samping itu tentunya memperlancar arus lalu lintas, membuka jalur komunikasi antar pedesaan, dan peningkatkan partisipasi masyarakat untuk bergotong royong dan bekerjasama dalam membangun desa. Terpenting, memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” terang Dandim Arief.

Selain pembukaan akses jalan, juga dilaksanakan bedah rumah warga yang dinilai sudah tak layak dihuni, pembangunan jamban bagi warga desa yang belum memilikinya, pembangunan poskamling, bantuan Baznas, serta sejumlah kegiatan nonfisik.

Sementara itu, Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari mengungkapkan, dengan berakhirnya kegiatan TMMD Reguler ke-101 ini, warga mendapat kenang-kenangan yang cukup berarti dari TNI.

”Tak hanya kenang-kenangan berupa fisik bangunan, melainkan nilai-nilai dan semangat karakter bangsa yang kuat,” terang Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari.

Bupati Pati Haryanto selain ikut upacara penutupan juga turut meninjau lokasi secara langsung. Dimulai dari melihat poskamling, program bedah rumah, jambanisasi, dan juga betonisasi jalur Godo-Selowire. Bupati Haryanto didampingi Dandim Arief memotong pita peresmian jalur Godo-Selowire.

”Kami selaku penyelenggara pemerintahan mengapresiasi kinerja rekan-rekan TNI membangun Pati, khususnya di Desa Godo. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih. Semoga ini dapat dimanfaatkan warga secara maksimal,” ujar Bupati Haryanto.

Selain itu, kegiatan penutupan TMMD Reguler ke 101 ini makin semarak dengan berbagai suguhan kesenian. Mulai dari musik hingga tarian. Bahkan beberapa anggota TNI dari Bumi Cendrawasih Papua unjuk kebolehan memainkan tarian asli suku mereka.

Tarian yang dinamai Sajojo itu memancing para hadirin untuk sekadar mengabadikan momen yang jarang dilihat tersebut. (JPC)

  • Bagikan