Salami Pendukung Sudirman-Ida, Ganjar: Tetap Aman Damai Ya…

  • Bagikan

SUKOHARJO, RAKYATJATENG – Pasangan calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen menyalami para pendukung pasangan Cagub Sudirman Said-Ida Fauziyah usai Debat Terbuka Pilgub Jateng di Best Western Hotel, Kabupaten Sukoharjo, Kamis (3/5) malam.

Setelah mengikuti Debat Terbuka Pilgub Jateng sesi kedua yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Tengah, pasangan Ganjar-Yasin tidak langsung menuju ruang konferensi pers, tapi justru terlihat mendatangi para pendukung Sudirman-Ida.

Pasangan Ganjar-Yasin ternyata juga menyalami para pendukung Sudirman-Ida dan beberapa pengurus partai politik pengusung pasangan cagub bernomor urut 2.

“Terima kasih ya, terima kasih debatnya bagus, yel-yelnya juga bagus, tetap aman damai ya,” kata Ganjar sembari menyalami para pendukung rival politiknya satu persatu.

Melihat hal itu, para pendukung kedua pasangan cagub yang ketika debat berlangsung nampak bersitegang dengan saling melontarkan yel-yel bernada ejekan pun langsung ikut saling bersalaman.

Bahkan beberapa di antaranya justru berfoto bersama untuk mengabadikan momen mengharukan itu.

Tindakan spontan yang dilakukan pasangan cagub bernomor urut 1 tersebut tentu saja membuat aparat kepolisian dan kru televisi yang menayangkan Debat Terbuka Pilgub Jateng sempat kaget.

Sebelumnya ketika debat berlangsung, Ganjar juga sempat turun panggung ketika jeda antarsegmen untuk meredakan situasi dari kedua kubu pendukung yang sempat memanas akibat saling ejek.

Pilgub Jateng 2018 secara resmi diikuti pasangan calon gubernur Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen yang diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar, sedangkan Sudirman Said-Ida Fauziyah diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB.

Debat kedua dengan pembawa acara Aviani Malik dan Aryo Widiardi berlangsung seru. Debat meliputi enam segmen, pertama pasangan nomor urut 2 memilih pertanyaan dalam amplop dari panilis dan kemudian disusul pasangan nomor urut 1.

Segmen kedua, juga sama akan tetapi jawaban pertanyaan itu ditanggapi oleh pasangan nomor urut 2 dan sebaliknya.

Pada segmen ketiga, pasangan calon menanggapi gambar visual yang ditampilkan di layar oleh panilis, segmen keempat saling melempar pertanyaan antarcalon gubernur, segmen kelima saling lempar pertanyaan oleh calon wakil gubernur, dan segmen terakhir berupa pernyataan penutup pada pasangan calon.

Debat kedua, antara lain dihadiri 100 orang masing-masing pendukung pasangan calon, baik nomor urut 1 maupun 2, para tamu undangan pejabat bupati dan wali kota di Jateng serta anggota KPU di 35 daerah di Jateng. (ant)

  • Bagikan