LG G7 ThinQ Siap Saingi Galaxy S9 dan iPhone X, Ini Keunggulannya

RAKYATJATENG – Smartphone terbaru LG G7 ThinQ resmi meluncur. Beberapa waktu sebelumnya, LG G7 ThinQ kerap menjadi misteri dengan hanya menampilkan bocoran-bocoran baik berupa spesifikasi atau desainnya. Lantas apa keunggulan LG G7 ThinQ?

Seperti diberitakan TechRadar, sebagaimana dilansir pada Rabu (2/5), LG G7 ThinQ melenggang perdana di New York, Amerika Serikat (AS). LG G7 ThinQ merupakan ponsel flagship dan disebut siap ‘beradu banteng’ dengan duo Samsung Galaxy S9, iPhone X, dan ponsel lainnya di kelas yang sama.

LG G7 ThinQ hadir dengan desain layar kekinian. Ya, seperti yang banyak dilakukan vendor ponsel asal Tiongkok, produsen elektronik dari Korea Selatan (Korsel) ini turut membawa layar dengan takik alias notch seperti desain iPhone X.

Layar LG G7 ThinQ memiliki bentang seluas 6,1 inci dengan resolusi QHD+ serta kerapatan pixel hingga 564 ppi. Tak seperti pendahulunya dari keluarga V Series yang hadir dengan layar OLED, LG G7 ThinQ kini dibekali dengan layar Super Bright Display dengan kemampuan kecerahan hingga 1.000 nits.

Kecerahan hingga 1.000 nits brightness mungkin tak akan berguna ketika di dalam ruangan. Namun di luar ruangan, ini dapat membuat perbedaan besar. Pengguna benar-benar dapat melihat telepon sambil berjalan di tengah terik dan sorotan matahari langsung yang menyilaukan. LG juga telah merancang peningkatan kecerahan ini untuk berhenti setelah tiga menit untuk menghemat baterai dan mencegah overheating.

Performa fotografinya, LG G7 ThinQ dibekali kamera ganda di bagian belakang sebagai kamera utamanya. Resolusinya, masing-masing memiliki ukuran 16 MP dengan aperture f/1.9 dengan wide angle hingga 107 derajat, dan 16 MP dengan aperture f/1.6. Tak ketinggalan, urusan swafoto, pada bagian depannya tersemat kamera dengan ukuran 8 MP dengan bukaan f/1.9 dan kemampuan wide angle hingga 80 derajat.

Menariknya lagi, kameranya juga dilengkapi dengan fitur Artificial Intelligence (AI). Performa kamera pada LG G7 ThinQ diklaim mampu memberikan beberapa mode pemotretan. Lainnya, LG G7 ThinQ juga dibekali dengan Super Bright Camera yang disebut mampu mengambil gambar dengan kualitas cahaya yang tinggi.

Fitur Scene Recognition mampu membuat kamera LG G7 ThinQ beralih mode berdasarkan subjek yang dilihatnya. Membedakan bidikan orang, hewan, makanan, tanaman dan benda lainnya untuk kemudian menyesuaikan filter warna dan kecerahan kamera yang sesuai.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, LG G7 ThinQ hadir dengan tombol yang terintegrasi dengan asisten pintar Google. Di bawah tombol volume ada sebuah tombol untuk mengaktifkan fungsi AI pada smartphone ini.

Dengan menekan sekali, Google Assistant akan aktif. Kemudian bila menekan dua kali secara cepat akan mengaktifkan Google Lens. Opsi untuk menekan dan menahan tombol ini selama beberapa saat akan membuat penggunanya dapat langsung berbicara dengan Google Assistant untuk memerintahkan sesuatu.

LG G7 ThinQ hadir dengan pilihan RAM 4 GB dengan ROM 64 GB serta RAM 6 GB dengan ROM 128 GB. Keduanya mampu diekspansi ruang simpannya dengan slot microSD yang mendukung hingga 2 TB. Sayangnya baterai dari LG G7 ThinQ terbilang kecil, yakni hanya berkapasitas 3.000 mAh. Tak ketinggalan, dapur pacu dari LG G7 ThinQ diberikan chipset teranyar dari Qualcomm Snapdragon seri 845 dan bersanding dengan sistem operasi Android Oreo.

LG G7 ThinQ tak hanya canggih, namun juga kuat untuk dibawa ke medan yang sedikit keras. Sebab LG G7 ThinQ dibekali dengan Gorilla Glass 5 pada bagian depan dan belakangnya. Kemudian ada sertifikat IP68 untuk ketahanan pada debu dan air.

LG G7 ThinQ juga didesain untuk memenuhi persyaratan uji MIL-STD 810G yang didesain militer Amerika Serikat bagi evaluasi kinerja berbagai perangkat pada situasi lingkungan yang terbilang ekstrem.

Soal harga, belum diketahui berapa banderol yang diberikan untuk LG G7 ThinQ ini. Sebab dia baru akan mulai beredar dalam beberapa hari mendatang di Korea Selatan. Kemudian akan disusul di berbagai negara yang menjadi pasar utama di belahan Amerika Utara, Eropa, Amerika Latin, dan Asia. Harganya akan diumumkan terpisah di masing-masing pasar tujuan dari LG G7 ThinQ ini. (JPC)