60 Persen Kebutuhan Mekanik di AHASS dari SMK di Jateng

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Sebagai bentuk nyata dari kepedulian Honda di bidang pendidikan, PT Astra Honda Motor dan Main Dealer Astra Motor Jateng menggelar Sarasehan SMK TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor) Astra Honda di Semarang, Kamis (3/5).

Sebanyak 150 kepala sekolah SMK TBSM di Jawa, Bali dan NTB hadir dalam kegiatan sarasehan yang merupakan bagian dari program yang diprakarsai oleh Honda dalam bidang pendidikan, yaitu Satu Hati Education Program (SHEP).

Mengangkat tema “Satu Hati Tingkatkan Kualitas SMK TBSM Astra Honda”, sarasehan ini digelar untuk menggali aspirasi dan potensi guna merumuskan masa depan SMK yang lebih baik dan semakin “link & match” dengan dunia usaha, terutama di daerah Jawa, Bali dan NTB.

Visiawan Andhika selaku Manager SHEP Astra Motor Semarang mengatakan bahwa main dealer juga memiliki semangat yang sama untuk memajukan pendidikan sebagai kontribusi aktif mendukung peningkatan kompetensi generasi muda di bidang otomotif.

Sebagai realisasinya, penerimaan siswa lulusan SMK TBSM Astra Honda oleh jaringan AHASS di Jawa, Bali, dan NTB mencapai angka 39 persen.

“Di wilayah Astra Motor Jateng terdapat sekitar 340 AHASS dan 62 SMK TBSM. Untuk kebutuhan mekanik di AHASS, kita fokuskan untuk diisi oleh lulusan SMK sehingga sampai saat ini sebanyak 60 persen kebutuhan mekanik di AHASS berasal dari SMK di Jateng. Guna mempersiapkan hal tersebut, seluruh siswa SMK TBSM dipersiapkan dengan melakukan magang di AHASS,” kata Visiawan.

Dalam sarasehan ini, terdapat sesi diskusi yang mana hasil diskusinya dapat menjadi referensi dalam mengembangkan standardisasi pengelolaan sekolah hingga upaya peningkatan kualitas tenaga pengajar di SMK TBSM Astra Honda.

Peningkatan kualitas SMK TBSM Astra Honda telah diwujudkan melalui pelatihan dan sertifikasi guru serta standardisasi kelengkapan alat praktik di sekolah.

Sarasehan ini dihadiri juga oleh Deputy Head of Corporate Communication Division AHM Ahmad Muhibbuddin, HR Division Head AHM Lucas Prana Sunarja, Kasubdit Penyelarasan Kejuruan dan Kerjasama Industri Kemendikbud Saryadi dan Bagian Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Andi Suprijanto.

Penghargaan berupa bantuan sepeda motor CBR 250 RR untuk kegiatan praktik diberikan oleh AHM kepada SMK 3 Muhammadiyah Weleri sebagai SMK percontohan yang ada di Jateng.

SMK 3 Muhammadiyah Weleri merupakan SMK TBSM yang sudah menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) di Jateng. (sen/yon)

  • Bagikan